TribunBali/

Citizen Journalism

Penampilan Smanela Denpasar di Nawanatya Memukau Penonton

Acara Nawanatya yang secara bergiliran melibatkan siswa/siswi SMA se-Bali itu digelar untuk meningkatkan kreativitas pelajar SMA se-Bali.

Penampilan Smanela Denpasar di Nawanatya Memukau Penonton
Philia Sanger
Siswa/siswi SMAN 5 Denpasar (Smanela) menampilkan perpaduan tari, wayang, dan teater pada pagelaran Nawanatya di Art Centre, Denpasar, Bali, Jumat (15/9/2017) malam. 

Oleh: Philia Sanger
Siswi SMAN 7 Denpasar

DENPASAR - Para siswa SMA Negeri 5 Denpasar dan SMA Negeri 1 Abiansemal Badung, Bali tampil dalam pagelaran bertajuk Nawanatya II yang digelar Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali di Art Centre Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali, Jumat (15/9/2017) malam pukul 19.30 Wita hingga 23.00 Wita.

Acara Nawanatya yang secara bergiliran melibatkan siswa/siswi SMA se-Bali itu digelar untuk meningkatkan kreativitas pelajar SMA se-Bali.

Penampilan para siswa/siswi SMAN 5 Denpasar atau yang biasa disebut dengan Smanela ini dimulai dengan gambelan Bali.

Lalu dilanjutkan dengan tarian yang berisi pembukaan cerita dan pertunjukan wayang.

Pada pertengahan acara, wayang yang sebelumnya tampil mengisi acara, berubah menjadi MC (Master of Ceremony) pada saat pementasan tari-tarian.

Yang tidak kalah unik, tari-tarian yang ditampilkan oleh Smanela ini merupakan tarian daerah yang berasal dari perpaduan Bali dan daerah lain, seperti Aceh dan Papua.

Pada pengujung acara, Smanela menampilkan pertunjukan teater yang berisi tentang kesimpulan dari semua penampilan yang sudah mereka pentaskan.

Made Yunika Hermayani (16), siswa Smanela yang memainkan gambelan Ugal 2, mengatakan, inti cerita yang ditampilkan adalah mengenai kisah Dewa Siwa yang menguji kesetiaan Dewi Uma.

Putu Kresna Satrya Wibawa (17), seorang di antara penonton, mengaku terkesan dengan penampilan para siswa Smanela.

"Menurut saya penampilan Smanela sangatlah mengesankan, karena mereka dapat melibatkan bukan hanya pemain pria saja, namun pemain wanita juga ikut serta dalam penampilan tersebut," kata Kresna.

Kresna mengatakan, penampilan Smanela mampu memukau penonton karena dapat memadukan penampilan wayang, tari, dan teater. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help