TribunBali/

Anda Sulit Hamil, Coba Lakukan Pemeriksaan HSG, Kemungkinan Terjadi Ini Di Saluran Telur

Cairan kontras disuntikkan ke dalam rahim melalui kateter dan spekulum dikeluarkan.

Anda Sulit Hamil, Coba Lakukan Pemeriksaan HSG, Kemungkinan Terjadi Ini Di Saluran Telur
Istimewa
Ilustrasi. 

TRIBUN-BALI.COM -- Histerosalpingografi (HSG) atau yang dikenal juga dengan pemeriksaan uterosalpingografi, adalah pemeriksaan sinar X dengan memakai cairan kontras yang dimasukkan ke rongga rahim dan saluran telur (tuba fallopii).

Apa tujuannya?

Untuk mengetahui kondisi saluran telur sekaligus apakah ada sumbatan yang letaknya pada saluran telur yang bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan HSG juga bisa mengevaluasi bentuk, ukuran dan struktur rongga rahim sehingga bisa mendeteksi beberapa kelainan seperti tumor jinak di rahim yang tumbuh ke arah rongga rahim (Mioma uteri jenis submukosum), polip rahim, perlengketan (Adesi) dinding rahim, atau kelainan bawaan rongga rahim seperti adanya sekat pada rahim (Septum).

Pemeriksaan ini juga bisa mengetahui penyebab keguguran berulang.

hamil
hamil ()

Kapan dilakukan?

Sesudah haid tapi sebelum ovulasi, yaitu antara hari ke-9 sampai ke-14 siklus haid, untuk memastikan anda tidak hamil ketika pemeriksaan ini dilakukan.

Pemeriksaan HSG tidak boleh dilakukan ketika menstruasi, karena pembuluh darah sedang dalam keadaan terbuka sehingga dikhawatirkan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah.

HSG juga sebaiknya tidak dilakukan bila Anda mengalami infeksi di saluran reproduksi atau di daerah panggul (pelvis) yang kronis, penyakit menular seksual, serta bila Anda baru menjalani operasi rahim atau saluran telur.

Bagaimana cara pemeriksaannya?

Halaman
1234
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help