TribunBali/

Tip Sehat untuk Anda

Ini Beberapa Penyebab Sakit Kepala di Pagi Hari saat Bangun Tidur

Selain karena migrain, ada beberapa alasan mengapa sakit kepala dapat terjadi pada pagi hari.

Ini Beberapa Penyebab Sakit Kepala di Pagi Hari saat Bangun Tidur
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Selain karena migrain, ada beberapa alasan mengapa sakit kepala dapat terjadi pada pagi hari. Memahami apa yang menjadi pemicu sakit kepala, akan membantu Anda dalam memilih perawatan yang tepat, termasuk terbangun dengan rasa yang lebih sehat.

Menurut Juline Bryson, MD, asisten profesor neurologi di Wake Forest Baptist Medical Center, ada beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari, dan bagaimana menemukan solusi. Berikut beberapa di antaranya:

Jadwal tidur tidak tetap

Perubahan dalam siklus tidur, apakah Anda terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit, dapat meningkatkan risiko sakit kepala, kata Dr. Bryson. Jika Anda tidur atau bangun lebih awal dari biasanya, hal itu bisa mengganggu hipotalamus, yaitu struktur di otak yang bertanggung jawab untuk tidur dan bangun, yang dapat mempengaruhi besar kecilnya risiko migrain.

Jadi, bila Anda kerap pusing di pagi hari, coba jadwalkan jam tidur yang tetap setiap harinya, atau usahakan jumlah jam tidur mencapai tujuh atau delapan jam semalam, selama beberapa malam ke depan. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen melatonin sebelum tidur, yang telah terbukti mencegah sakit kepala karena migrain.

Konsumsi makanan pemicu

Penting untuk menghindari makanan atau minuman pemicu migrain secara umum. Bila Anda meminum segelas anggur merah atau makanan olahan dengan jumlah banyak pada malam sebelumnya, ada kemungkinan Anda bisa terkena migrain di pagi hari, Dr. Bryson mengatakan. "Pada malam hari, tubuh berisiko lebih tinggi alami peradangan. Beberapa makanan, khususnya yang tidak sehat, dapat menjadi pemicunya," katanya.

Kurang cairan

 
Sakit kepala adalah gejala umum dehidrasi, Dr. Bryson mengatakan. Pastikan Anda minum cukup air, karena untuk beberapa orang, dehidrasi juga bisa memicu migrain. Dan jika Anda minum alkohol pada malam sebelumnya, maka risiko dehidrasi dan pusing semakin meningkat, jadi minumlah air putih lebih banyak.

Terlewat minum kopi

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help