TribunBali/
Home »

Bali

Gunung Agung Terkini

Sepanjang Hari Gunung Agung Terpantau Fluktuatif, PVMBG: Gempa Menurun, Kualitas Energi Meningkat

Sedangkan Sabtu pukul 06.00 sampai pukul 12.00 Wita telah terjadi 104 kali gempa, dengan rincian 71 kali vulkanik dalam, 25 vulkanik dangkal dan 8 kal

Sepanjang Hari Gunung Agung Terpantau Fluktuatif, PVMBG: Gempa Menurun, Kualitas Energi Meningkat
Tribun Bali/Putu Candra
Kabid Mitigasi Gunungapi PVMBG Kementrian ESDM, I Gede Suantika di Pos Pemantauan Desa Rendang, Sabtu (23/9). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Setelah sehari aktivitas vulkanik Gunung Agung, Karangasem menunjukan peningkatan. Kali ini aktivitas vulkanik gunung terbesar di Bali ini mengalami penurunan. Meskipun mengalami penurunan, kualitas energi meningkat.

Hal tersebut disampaikan, Kabid Mitigasi Gunungapi PVMBG Kementrian ESDM, I Gede Suantika.

"Intensitasnya menurun namun kualitas energi meningkat. Tapi kita lihat dulu. Yang besar tadi pagi getaran gempa lokal 3,5 skala richter," terangnya, Sabtu (23/9) di Pos Pemantauan Desa Rendang.

Sabtu pukul 00.00 Wita sampai pukul 06.00 Wita terjadi terhitung 94 kali gempa. Terinci, vukanik dalam 71 kali, dangkal 25 kali dan tektonik lokal 6 kali.

Sedangkan Sabtu pukul 06.00 sampai pukul 12.00 Wita telah terjadi 104 kali gempa, dengan rincian 71 kali vulkanik dalam, 25 vulkanik dangkal dan 8 kali gempa tektonik lokal.

"Hari ini perhitungan sampai pukul 00.00 Wita sampai 12.00 Wita keseluruhan terjadi 143 vulkanik dalam, 41 vulkanik dangkal, dan 14 tektonik lokal," urai Suantika.

Turunnya intensitas gempa hari ini dibandingkan pada gempa yang terjadi Jumat kemarin. Terhitung pada periode yang sama terjadi 420 kali gempa baik vulkanik dalam, dangkal dan tektonik lokal.

"Tadi ada gempa dua kali yang energinya besar sekali. Tapi kalau kita grafikan total setiap gempa mungkin energinya tinggi," jelas Suantika. (*)


Penulis: Putu Candra
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help