TribunBali/
Home »

Video

Gunung Agung Terkini

VIDEO : Kepala BNPB Tetapkan Siaga Bencana Selama 14 Hari Bagi Karangasem

Ia menambahkan pemberlakuan siaga darurat ini dikeluarkan agar warga siap menghadapi bencana seandainya gunung agung erupsi nanti.

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Kepala BNPB Willem Rampangile yang memimpin rapat koordinasi dalam menghadapi ancaman erupsi Gunung Agung, Sabtu (23/9/2017) siang di Kantor Bupati Karangasem, Bali menyatakan Kabupaten Karangasem Siaga Darurat selama 14 hari kedepan.

"Jadi siaga darurat sudah kita tetapkan selama 14 hari terhitung dari tiga hari yang lalu. Atau mulai hari Rabu tanggal 20 september kemarin. Tapi itu masih bisa diperpanjang," ungkap Willem.

Ia menambahkan pemberlakuan siaga darurat ini dikeluarkan agar warga siap menghadapi bencana seandainya gunung agung erupsi nanti.

"Tetapi kita menyiapkan skenario apabila hal itu terjadi selama satu bulan. Siaga daruratnya kita tetapkan 14 hari tapi kita buatkan skenario apabila terjadi erupsi selama satu bulan. Nanti sambil kita lihat perkembangannya," ucap Willem.

 
Willem tetap berharap tidak terjadi erupsi tapi pihaknya selalu siap siaga dengan segala situasi paling terburuk.

Dan jika terjadi erupsi status siaga darurat akan diganti dengan tanggap darurat.

Dalam siaga darurat ini semua hal telah disiapkan seperti lokasi pengungsian, pos kesehatan ditiap pengungsian, MCK, RS Rujukan terdekat, bahan pangan warga selama di pengungsian, ternak warga, pengamanan kamtibmas, dan lainnya.

Data sementara yang dihimpun Pusdalops BPBD Bali hingga siang ini tercatat 15.142 jiwa pengungsi yang tersebar di 125 titik pengungsian.

Pengungsi tersebar di 7 kabupaten di sekitar Gunung Agung yaitu di Kabupaten Badung 5 titik (35 jiwa), Kabupaten Bangli 17 titik (465 jiwa), Kabupaten Buleleng 10 titik (2.423 jiwa), Kabupaten Denpasar 6 titik (343 jiwa), Kabupaten Giayar 9 titik (182 jiwa), Kabupaten Karangasem 54 titik (7.852 jiwa), Kabupaten Klungkung 21 titik (3.590 jiwa) dan Kabupaten Tabanan 3 titik (252 jiwa).

Pendataan masih dilakukan oleh BPBD, diperkirakan jumlah pengungsi masih bertambah.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help