TribunBali/

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Gelar Layanan Standar Desa Wisata

Pemkab Banyuwangi mendorong agar desa wisata memiliki standar layanan bagi wisatawan.

Banyuwangi Gelar Layanan Standar Desa Wisata
Surya
Workshop standarisasi pelayanan Desa Tamansari, Jumat (29/9/2017) 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Desa wisata menjadi salah satu destinasi yang diunggulkan oleh Banyuwangi.

Pemkab Banyuwangi mendorong agar desa wisata memiliki standar layanan bagi wisatawan.

Bersama PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Pemkab Banyuwangi bersinergi dalam meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia melalui Desa Wisata Binaannya, yakni Desa Tamansari, Kecamatan Licin. 

Desa Tamansari merupakan salah satu desa wisata binaan BCA. Desa Wisata Tamansari terletak di lereng Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Potensi wisata asli daerah yang terdapat di Desa Tamansari adalah kehidupan penduduk desa seperti bertani, berkebun kopi, cengkeh, cokelat, menambang belerang, serta mengenal kebudayaan setempat yaitu Tari Gandrung.

"Kami lakukan pendampingan pada Desa Wisata Tamansari, agar bisa memberikan layanan sesuai standar desa wisata," kata Michael Purwanto, Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Banyuwangi,  saat workshop standarisasi pelayanan Desa Tamansari, Jumat (29/9/2017). 

Workshop tersebut dibuka oleh Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA kami, ibu Inge Setiawati. 

Menurut Michael, workshop ini digelar untuk menyusun standarisasi layanan, yang menjadi acuan bagi seluruh pengurus Desa Wisata Tamansari, agar memiliki mutu yang sesuai dengan standar BCA.

“Kami melihat Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, memiliki daya tarik tersendiri melalui beragam destinasi unggulan yang menarik wisatawan. Karena itu, BCA melakukan pendampingan Desa Wisata Tamansari sebagai salah satu destinasi unggulan,” ujar Michael.

BCA melaksanakan beberapa inisiatif untuk mengembangkan pelayanan yang prima di Desa Wisata Tamansari, seperti bantuan dana pembangunan sarana dan prasarana untuk kantor sekretariat, toilet,  joglo untuk menerima tamu wisata, dan donasi untuk pembangunan pendopo Seruni. 

BCA juga memberikan pelatihan bagi segenap pengurus seperti pelatihan brand dan pemasaran online dan pelatihan kepemimpinan.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda menyambut positif kegiatan BCA dalam membantu peningkatan pelayanan desa wisata Tamansari.

Menurutnya, Tamansari merupakan pilot project pengembangan wisata bersama dengan berbagai pihak.

Diharapkan, ilmu pelayanan standart yang diberikan oleh BCA bisa ditularkan ke desa-desa lain di Banyuwangi

"Kita harap ada transfer knowledge dari pelayanan standar BCA ditularkan ke desa lain," kata Bramuda. (haorrahman)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help