TribunBali/
Home »

Bali

Gunung Agung Terkini

Pengungsi Gunung Agung Mulai Terserang Penyakit, Relawan Siapkan Mesin Cuci Gratis Bagi Pengungsi

Arianti mengaku tidak lagi mencuci pakaian di saluran irigasi di Subak Gelgel seperti hari-hari sebelumnya, karena sempat mengalami gatal-gatal.

Pengungsi Gunung Agung Mulai Terserang Penyakit, Relawan Siapkan Mesin Cuci Gratis Bagi Pengungsi
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Para pengungsi ketika memanfaatkan mesin cuci yang disediakan relawan di Pos Pengungsian Gor Swecapura, Gelgel, Minggu (1/10) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Hari mulai beranjak siang, ketika Pengungsi asal Desa Sebudi, Selat, Klungkung Ni Putu Arianti (27) berjalan kaki menuju SMP N 3  Semarapura.

Ketika itu, ia menjinjing 2 ember pakaian kotor yang hendak dicucinya. Arianti mengaku tidak lagi mencuci pakaian di saluran irigasi di Subak Gelgel seperti hari-hari sebelumnya, karena sempat mengalami gatal-gatal. 

"Sebelumnya saya mencuci di saluran irigasi, tapi kulit anak saya jadi gatal-gatal. Mungkin airnya kotor dan kurang cocok. Jadi saya mencucinya di kamar mandi SMP 3 Semarapura," Ujar Arianti

Selama 2 minggu menjalani pengungsian, saluran irigasi di selatan Gor Swecapura memang menjadi alternatif bagi pengungsi untuk mencuci baju. Mereka memilih untuk mencuci pakaian mereka di saluran irigasi, dari pada mengantri di kamar mandi. 

Namun ada hal yang cukup unik di Gor Swecapura, Gelgel, Minggu (1/10/2017). Relawan dari Wings menyediakan 10 unit mesin cuci dan 10 unit mesin pengering khusus bagi pengungsi.

Hal ini untuk memberikan sedikit kemudahan kepada para pengungsi ketika  melakukan aktivitas sehari-hari seperti mencuci pakaiannya. 

"Kalau pengungsi disini kan jumlahnya ribuan. Tidak mudah bagi mereka untuk menjalani aktivitas rutin mereka seperti mencuci baju. Mungkin mereka harus antre atau memanfaatkan air sungai yang kurang bersih dan sehat untuk mencuci. Dengan pertimbangan itu, kami coba berikan bantuan mesin cuci yang nanti dapat dimanfaatkan oleh pengungsi secara gratis," Ujar Relawan dari  Wings corporation,  Wahid Mashuri ketika ditemui di Pos Pengungsian Gor Swecapura, Gelgel, Klungkung, Minggu (1/10/2017). (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help