TribunBali/
Home »

Bali

Gunung Agung Terkini

3 Berita Populer: Gunung Agung dalam Catatan Lontar, Sebaran Abu Vulkanik dan Prediksi PVMBG

Kedahsyatan letusan Gunung Agung yang sempat tercatat dalam tulisan kuno di daun lontar Bali yang berangka tahun 1711 sangat menyita

3 Berita Populer: Gunung Agung dalam Catatan Lontar, Sebaran Abu Vulkanik dan Prediksi PVMBG
Tribun Bali
Kolase foto peneliti lontar Bali dan Gunung Agung. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Bagi publik di Provinsi Bali, aktivitas terkini dari Gunung Agung seakan tak bisa diabaikan begitu saja.

Kedahsyatan letusan Gunung Agung yang sempat tercatat dalam tulisan kuno di daun lontar Bali yang berangka tahun 1711 sangat menyita keingin-tahuan para pembaca. Berita inipun langsung populer di kalangan netizen di Bali.

Tak hanya itu, artikel berita mengenai prediksi BMKG soal erupsi Gunung Agung dan pola sebaran debu abu vulkanik juga menjadi perhatian publik.

Selain itu, kabar mengenai aktivitas dinamis dari Gunung Agung dalam pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga tetap menjadi perhatian publik di Bali. Mungkin jika Anda terlewatkan bisa menyimaknya berita di bawah ini.

1. Fakta Lain Gunung Agung dalam Catatan Lontar Bali, Pernah Meletus Sangat Dahsyat Tahun 1711

Peneliti lontar, Sugi Lanus, memerhatikan lontar Bali saat diskusi Hanacaraka dengan Tema 'Catatan Gunung Agung dalam Lontar-lontar Bali' di Denpasar, Senin (2/10/2017) (kiri). Gunung Agung, Karangasem, Selasa (26/9/2017) (kanan)
Peneliti lontar, Sugi Lanus, memerhatikan lontar Bali saat diskusi Hanacaraka dengan Tema 'Catatan Gunung Agung dalam Lontar-lontar Bali' di Denpasar, Senin (2/10/2017) (kiri). Gunung Agung, Karangasem, Selasa (26/9/2017) (kanan) (Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara/Rizal Fanany)

Gunung Agung selama ini hanya diketahui sempat meletus sebanyak empat kali dari tahun 1808, 1821, 1843, dan 1963.

Namun, menurut catatan lontar, gunung tertinggi di Bali ini pernah mengalami 15 peristiwa yang mengarah ke letusan sebelum 1963.

Bahkan, dalam catatan lontar Bali, letusan yang serupa tahun 1963 juga tercatat terjadi pada tahun 1711.

Baca selengkapnya di sini

2. Sebaran Abu Vulkanik Gunung Agung Bisa Sampai Badung, Begini Penjelasan BMKG

Gunung Agung terlihat jelas, dan cuaca sangat cerah meskipun puncaknya diselimuti awan tipis dilihat dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Desa Rendang, Selasa (3/9/2017)
Gunung Agung terlihat jelas, dan cuaca sangat cerah meskipun puncaknya diselimuti awan tipis dilihat dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Desa Rendang, Selasa (3/9/2017) (Tribun Bali/Putu Candra)
Halaman
123
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help