TribunBali/
Home »

Bali

Gunung Agung Terkini

Ribuan Kamar Hotel Dicancel Tamu Akibat Status Gunung Agung

Setidaknya ada 38 hotel bintang yang mengalami pembatalan kunjungan hingga (3/10/2017) akibat berita Gunung Agung

Ribuan Kamar Hotel Dicancel Tamu Akibat Status Gunung Agung
(KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA )
Turis melihat sekitar kawasan yang dulunya merupakan jalur aliran lahar dari Gunung Agung di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, Senin (25/9/2017). Berdasarkan peta dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, kawasan tersebut merupakan salah satu zona berbahaya ketika erupsi Gunung Agung terjadi. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR– Walaupun belum terjadi erupsi, situasi ‘Awas’ yang disematkan untuk Gunung Agung ternyata berdampak cukup besar.

Pengaruhnya mulai dari situasi ekonomi, kenaikan harga bahan material pasir, perpindahan operasional perbankan, hingga dampak ke pariwisata secara menyeluruh.

Berdasarkan data yang diterima Tribun Bali dari lapangan, setidaknya ada 38 hotel bintang yang mengalami pembatalan kunjungan hingga (3/10/2017) akibat berita Gunung Agung.

Data tersebut menunjukkan rata-rata cancellation wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali, mulai 10-200 room night, bahkan ada yang mencapai di atas 1.000 room night.

Salah satu hotel bintang yang mengalami cancellation, adalah Home@36 Condotel dengan pembatalan 9 room night (RN). GM Corporate PT Bali Unicorn, Wayan Puspanegara, mengatakan Home@36 Condotel adalah hotel di bawah naungan PT Bali Unicorn.

“Data itu akumulatif sejak pembatalan pada 22 September, kemudian sedikit demi sedikit ada pembatalan hingga saat ini 4 Oktober bergerak terus,” katanya saat dihubungi Tribun Bali, Rabu (4/10/2017).

Sejauh ini tamu hotelnya, tersebar dari berbagai negara mulai Tiongkok, Australia, Inggris, USA, hingga Singapura. Pihaknya sangat berharap tidak terjadi letusan Gunung Agung.

Di sisi lain, harapannya pemerintah mengeluarkan official statement secara periodik agar jelas bahwa Bali masih aman untuk dikunjungi.

“Sebab daerah terdampak hanya 12 Km di Kabupaten Karangasem, itu pun tidak semua. Malah Candidasa masih sangat aman, dan kawasan favorit Bali selatan yang berjarak 60-70 Km aman dikunjungi. Jadi perlu statement bahwa Bali aman dan nyaman,” tegasnya.

Okupansi rata-rata average per year hotel ini 75 persen, pada musim high season stabil 100 persen (Juni-Agustus).

Halaman
1234
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help