TribunBali/

Berita Banyuwangi

Ribuan Orang Padati Ritual Petik Laut Muncar ‎Banyuwangi

Puluhan kapal nelayan beraneka motif dan warna mencolok, mendampingi kapal utama pembawa sesaji, yang akan dilarung di laut lepas

Ribuan Orang Padati Ritual Petik Laut Muncar ‎Banyuwangi
Surya
Petik Laut Muncar, Banyuwangi, tradisi bentuk rasa syukur nelayan Banyuwangi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI- Ribuan orang mulai dari anak-anak hingga dewasa, memadati ‎Pelabuhan Muncar, Banyuwangi, Kamis (5/10).

Mereka mengikuti ritual  petik laut, yang merupakan cara nelayan sebagai wujud syukur atas karunia kekayaan laut.

Petik laut digelar setahun sekali, tiap 15 Muharram atau 15 Syuro. Tahun ini petik laut jatuh pada, Kamis (15/10). 

Sejak pagi ribuan orang telah memadati Pelabuhan Muncar. Mereka ingin melihat dan mengabadikan proses arak-arak sesaji yang diletakkan di perahu kecil sepanjang lima meter, ke tengah laut. 

Puluhan kapal nelayan beraneka motif dan warna mencolok, mendampingi kapal utama pembawa sesaji, yang akan dilarung di laut lepas.

Begitu sesaji dihanyutkan, nelayan terjun ke laut, saling berebut mengambil sesaji yang hanyut. Tradisi Petik Laut yang telah berlangsung turun temurun ini menjadi simbol rasa syukur dan “ngalap berkah” para nelayan, di kawasan salah satu pelabuhan ikan terbesar di Indonesia.  

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, prosesi Petik Laut tahun ini lebih sakral. Ritual petik laut diawali dengan pembacaan Salawat Asmaul Husna. 

"Kami ingin ritual ini terjaga kesakralannya. Karena itu tahun ini suasana kami buat sereligus mungkin," kata Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, dan Ketahanan Pangan, Hary Cahyo Purnomo.

Apabila tahun-tahun sebelumnya banyak kapal-kapal nelayan yang membunyikan berbagai jenis musik melalui sound system, tahun ini suara-suara musik terutama dangdut itu ditiadakan.

"Sehari sebelumnya para nelayan dan warga Muncar, menggelar selamatan dan doa bersama," kata Hary.

Halaman
12
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help