TribunBali/
Home »

Bali

Gunung Agung Terkini

Wisatawan Akan Diberi Pelayanan Gratis Bila Terjadi Erupsi Gunung Agung

Menurutnya hal yang bersifat emergency tidak akan menyenangkan dan hanya membuat wisatawan menjadi paranoid.

Wisatawan Akan Diberi Pelayanan Gratis Bila Terjadi Erupsi Gunung Agung
Tribun Bali / I Nyoman Mahayasa
Dua wisatawan mancanegara berfoto dengan satu penampil kostum. Berbagai kostum ditampilkan oleh Colors of Nusantara Fashion Carnaval di acara Nusa Dua Fiesta di areal Peninsula Nusa Dua, Badung, Rabu (11/10). Acara yang dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya ini digelar selama lima hari sebagai ajang promosi pariwisata dengan menampilkan berbagai kegiatan pertunjukan seni, musik kuliner dan acara hiburan lainnya. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengadakan rapat tertutup bersama kalangan pariwisata di Bali dan BNPB serta PVMBG di kantor Bali Tourism Board (BTB), Denpasar, Rabu (11/10/2017) pukul 14.00 Wita, mengenai mitigasi bencana seandainya Gunung Agung jadi erupsi.

Dalam rapat yang selesai pukul 16.00 Wta tersebut dibahas mengenai bagaimana akses wisatawan, apa yang digunakan, akomodasi, atraksi kalau penutupan bandara dan di mana orang berkumpul yang sudah dimiliki oleh Bali Tourism Hospitality (BTH) task force.

Namun untuk detailnya ia tidak mau mengungkapka.

Menurutnya hal yang bersifat emergency tidak akan menyenangkan dan hanya membuat wisatawan menjadi paranoid.

Ia memastikan BTH telah memiliki disaster recovery plan dan mekanisme pelayanan untuk para wisatawan, baik mancanegara dan nusantara agar membuat suasana berkunjung ke Bali tetap nyaman.

“Kalau diskon untuk hari pertama itu 100 persen (first night) diskon setelah erupsi. Kalau orang berpariwisata maka ada aksesibilitas (airline), akomodasi, dan atraksi dan kita harapkan tiganya memberikan diskon. Beberapa airline sudah memberikan dukungan satu hari free kalau menggunakan airline tersebut jika ada erupsi. Akomodasi beberapa pemilik hotel siap memberikan diskon 75 persen, hari pertama 100 persen tidak apa-apa. Kalau angka ya setelah hari pertama 50 persen diskon lah. Jadi bisa ditulis, Menpar mengimbau memberikan diskon minimal 50 persen pascaerupsi dan hari pertama 100 persen,” kata Arief Yahya.

Ia mengatakan, untuk anggaran komunikasi pasca-recovery memang memerlukan anggaran Rp 5 miliar yang diasumsikan selama tiga bulan.

Anggaran komunikasi ini diperlukan untuk memberi informasi.

Sedangkan total anggaran yang diperlukan jika ada erupsi Gunung Agung, baik dari aksesibilitas (airline), akomodasi, dan atraksi diperkirakan Rp 160 miliar.

“Jumlah wisman per hari di Bali sebanyak 40.000 orang. Kalau length of stay selama 3 hari maka jumlahnya 160.000. Kalau spending average (rata-rata pengeluaran) Rp 1 juta maka diperlukan anggaran Rp 160 miliar. Berapakah biaya yang dikeluarkan ini akan ditanggung secara gotong-royong, karena sebagian tertanggung airline, akomodasi hotel juga hari pertama gratis.

Halaman
1234
Penulis: A.A. Gde Putu Wahyura
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help