TribunBali/

Bali Paradise

Mujair Nyatnyat, Gurihnya Olahan Tradisional Warung Bintang Danu

Jenis ikan yang digunakan adalah mujair yang diambil langsung dari tambak ikan di kawasan Danau Batur.

Mujair Nyatnyat, Gurihnya Olahan Tradisional Warung Bintang Danu
Tribun Bali/Ni Putu Diah Paramitha Ganeshwari
Hidangan Mujair 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Perairan Danau Batur memberikan berkah berupa hasil ikan air tawar yang menggoda untuk diolah.

Hidangan tradisional seperti ikan nyatnyat pun menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan. Gurihnya ikan air tawar yang dilumuri dengan bumbu nyatnyat membawa kenikmatan bagi para pencicipnya.

Utamanya bagi mereka yang mencintai cita rasa khas Bali. 

Cita rasa ikan nyatnyat ini dapat Anda temui ketika berkunjung ke Warung Bintang Danu. Warung yang berlokasi di Jalan Tantular Barat, Renon, Denpasar ini menyajikan ikan nyatnyat sebagai hidangan utama mereka.

Jenis ikan yang digunakan adalah mujair yang diambil langsung dari tambak ikan di kawasan Danau Batur.

“Tepatnya di Desa Songan. Di sana ada sekitar 40 tambak ikan milik warga setempat. Kelebihan dari hasil tambak danau adalah rasa ikan yang gurih dan tidak beraroma tanah. Ikan dipelihara pada kedalaman dipatok 15 hingga 20 meter sehingga lumpur tidak masuk ke dalam tubuh ikan,” ungkap Suyanti, juru masak di Bintang Danu.

Ia menjelaskan kualitas daging ikan juga dipangaruhi oleh jenis makanan. Suyanti menuturkan, ikan-ikan tersebut tidak hanya diberi pakan pabrik, tetapi juga dibiarkan mencari makan secara alami. Daun eceng gondok ternyata merupakan makanan kesukaan mujair.

Warung Bintang Danu merupakan satu di antara pelanggan tambak tersebut. Mendatangkan langsung dari petambak, memberikan keuntungan tersendiri bagi warung ini. Ikan dijamin dalam kondisi segar.

()

Dari ikan mujair yang datang, Bintang Danu kemudian memilahnya menjadi tiga kategori sesuai dengan ukuran. Ikan dengan berat 250 hingga 299 gram dikategorikan biasa.

Mulai dari berat 300 hingga 349 gram, tergolong jumbo. Sedangkan di atas 350 gram adalah ukuran super jumbo.

Halaman
123
Penulis: Ni Putu Diah paramitha ganeshwari
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help