TribunBali/

Gunung Agung Terkini

Waspada, Ini 3 Bahaya Abu Vulkanik Gunung Agung yang Mengancam Kesehatan Anda

dokter spesialis anak RSUD Bangli, Ni Made Adi Purnami, Selasa (28/11/2017), penyebaran abu vulkanik Gunung Agung ini, berdampak pada gangguan

Waspada, Ini 3 Bahaya Abu Vulkanik Gunung Agung yang Mengancam Kesehatan Anda
Kolase Tribun Bali
Abu vulkanik gunung Agung dan dokter spesialis anak RSUD Bangli, Ni Made Adi Purnami. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, M. Fredey Mercury

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Sejak pertama kali hujan abu Gunung Agung mulai terjadi pada hari Minggu (26/11) lalu, hingga hari ini terus berlangsung.

Intensitas abu vulkanik yang terbawa angin ke wilayah Bangli kian hari terpantau semakin tebal. Hal ini tentunya dapat berdampak buruk utamanya bagi pernafasan.

 1. Gangguan ispa

Seperti dijelaskan oleh dokter spesialis anak RSUD Bangli, Ni Made Adi Purnami, Selasa (28/11/2017), penyebaran abu vulkanik Gunung Agung ini, berdampak pada gangguan saluran pernafasan, hingga menyebabkan Infeksi respiratori atas.

Atau yang kerap disebut ISPA. Berlanjut pada infeksi respiratori bawah, yang menyerang paru-paru.

Lanjut Dokter Adi, sejatinya gangguan pernafasan tidak hanya dipengaruhi oleh abu vulkanik semata. Asap pembakaran sampah, asap rokok, asap kendaraan, hingga debu di jalan, juga menjadi salah satu penyebab dari timbulnya gangguan pernafasan ini.

"Namun demikian, dengan meningkatnya aktivitas Gunung Agung, intensitas abu vulkanik yang dihasilkan tentu kian hari kian bertambah. Meski secara kasat mata abunya masih tergolong tipis," ucapnya.

Berbicara mengenai gangguan saluran pernafasan, papar dokter anak asal Banjar Pule, Bangli ini, mula-mula seseorang akan mengalami bersin-bersin yang artinya, tubuh tengah merespon benda asing yang masuk ke dalam tubuh, untuk dikeluarkan.

 Apabila sistem kekebalan tubuh lemah, maka seseorang akan mengalami flu hingga batuk.

Halaman
1234
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help