TribunBali/
Home »

Bali

Pantau Abu Vulkanik Bandara Ngurah Rai Uji Paper Tes di Sejumlah Titik, Ini Hasilnya

Paper tes ini merupakan sebuah kertas yang diletakan di beberapa titik, baik itu di runway, atap-atap bangunan bandara maupun area-area terbuka.

Pantau Abu Vulkanik Bandara Ngurah Rai Uji Paper Tes di Sejumlah Titik, Ini Hasilnya
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Pesawat melintas di atas Jl. By Pass Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (12/2/2017) meski penerbangan sudah dibuka pada Rabu (29/11/2017) sore . hingga kini Lalu Lintas Penerbangan di Bandara Ngurah Rai terlihat Menurun dari sebelumnya. akibat erupsi gunung agung yang sempat mengganggu jalannya penerbangan. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Aktivitas penerbangan di bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sudah berlangsung normal, setelah sempat ditutup karena ruang udara terpapar abu vulkanik Gunung Agung.

Namun sebagai antisipasi, pihak bandara melakukan pengawasan secara visual dengan meletakan paper tes di beberapa titik.

Paper tes ini merupakan sebuah kertas yang diletakan di beberapa titik, baik itu di runway, atap-atap bangunan bandara maupun area-area terbuka.

Hal tersebut diupayakan untuk mengetahui ada atau tidaknya partikel abu vulkanik Gunung Agung di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Normalnya bisa kelihatan setelah dua jam. Sampai saat ini nihil, tidak ada partikel debu vulkanik di bandara Ngurah Rai, "ujar Kepala Humas Bandara Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim kepada Tribun Bali, Senin (4/12/2017).

Pada prinsipnya, lanjut Arie, Bandara Ngurah Rai berjalan dengan normal dan beroperasi seperti biasanya.

Fasilitas penerbangan sudah disiapkan 100 persen, baik itu peralatan dan sumber daya manusia semuanya sudah clear.

"Sehingga ini tergantung perkembangan dinamika dari masing-masing maskapai baik dari Bali maupun ke Bali, "ujarnya.

"Kami berharap Desember ini seluruh stake holder di Bali meyakinkan kalau Bali aman dan bandara Ngurah Rai juga aman. Memang aktivitas gunung agung harus terus di pantau. Namun hingga saat ini aman dan berjalan normal, "ujarnya.

Baca juga : Terkini, 56 Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Cancel, Ini Penyebabnya

Baca juga : Kondisi Gunung Agung Terkini, Pastika: Visual Sudah Kalem, Tapi Masih Ada Potensi untuk Erupsi

Sebuah pesawat Singapore Airlines di Bandara Ngurah Rai, Kamis (30/11/2017) pagi
Sebuah pesawat Singapore Airlines di Bandara Ngurah Rai, Kamis (30/11/2017) pagi (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Sebelumnya, aktivitas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Senin (4/12/2017) sudah kembali normal seperti biasanya pasca dilakukan penutupan beberapa hari yang lalu dampak erupsi Gunung Agung.

Namun ternyata beberapa maskapai hingga kini masih melakukan cancel atau pembatalan penerbangan baik dari maupun menuju Bali.

“Hari ini terdapat 56 jadwal penerbangan yang dibatalkan oleh maskapai. Untuk domestik ada 24 penerbangan dan 32 penerbangan internasional. Hal ini murni kebijakan masing-masing maskapai,” jelas Communication & Legal Section Head Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim. (*)

Penulis: Hisyam Mudin
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help