Bali Paradise

Tahukah Anda Asal Usul Pulau Bali? Diperkirakan Terbentuk 23 Juta Tahun Lalu dengan Cara Begini

Pembentukan Pulau Bali tidak hanya terjadi dalam sekali waktu, namun melalui proses yang cukup panjang.

Tahukah Anda Asal Usul Pulau Bali? Diperkirakan Terbentuk 23 Juta Tahun Lalu dengan Cara Begini
Tribun Bali/Ni Putu Diah Paramitha Ganeshwari
Museum Geopark Batur 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Tahukah anda bahwa Pulau Bali yang sedang anda pijak saat ini ternyata merupakan hasil aktivitas gunung api bawah laut?

Kisah terbentuknya Pulau Bali diperkirakan sekitar 23 juta tahun yang lalu ketika gunung api bawah laut yang terletak di timur Pulau Jawa sedang menunjukkan aktivitasnya.

Akibat aktivitas itu, magma panas keluar dari perut bumi, mengendap, dan mengalami pengerasan. Hasil aktivitas selama beberapa waktu akhirnya membentuk daratan yang kini dikenal sebagai Pulau Bali.

Pembentukan Pulau Bali tidak hanya terjadi dalam sekali waktu, namun melalui proses yang cukup panjang.

Endapan magma yang membentuk Pulau Bali pun tidak hanya berasal dari satu gunung, namun beberapa. Magma berasal dari lapisan bawah kulit bumi, suhunya sangat panas sehingga melelehkan kerak bumi di atasnya atau yang dikenal dengan hotspot.

Selain aktivitas gunung api bawah laut, pulau Bali juga dibentuk dari hasil endapan bawah laut yang diduga berasal dari erosi batuan yang terdapat di Pulau Jawa bagian timur.

“Dulu, Pulau Bali menjadi satu dengan Pulau Jawa. Namun karena terjadi aktivitas vulkanik, akhirnya Bali dan Jawa kini dipisahkan oleh selat,” jelas Ika, pemandu Museum Geopark Batur.

Di samping cerita versi penelitian geologi, terbentuknya Pulau Bali juga tidak bisa dipisahkan oleh legenda Naga Basuki dan Bagawan Sidi Mantra.

Konon, Bagawan Sidi Mantra telah memisahkan Pulau Bali dan Jawa dengan kekuatan saktinya.

Hal tersebut dilakukan agar anak Sidi Mantra, Sang Manik Angkeran bisa memulai hidup baru di tempat baru setelah mendapat hukuman Naga Basuki.

Halaman
1234
Penulis: Ni Putu Diah paramitha ganeshwari
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved