TribunBali/
Home »

Bali

Gunung Agung Terkini

Gunung Agung Meletus Selama 100 Detik dan Muntahkan Abu Vulkanik, Begini Laporan PVMBG

laporan terkini periode pukul 12.00-18.00 Wita dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Agung kembali mengalami letusan

Gunung Agung Meletus Selama 100 Detik dan Muntahkan Abu Vulkanik, Begini Laporan PVMBG
Istimewa/PVMBG/Pusdalops
Gunung Agung mengeluarkan asap pekat tebal setinggi 2500 meter. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Gunung Agung kembali mengalami letusan dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 2.500 meter.

Menurut laporan terkini periode pukul 12.00-18.00 Wita dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Agung kembali mengalami letusan dan mengeluarkan asap pekat berwarna kelabu dari atas puncak kawah.

Selain mengalami letusan dengan durasi 100 detik, PVMBG juga melaporkan selam 6 jam terakhir Gunung Agung tercatat mengalami 15 kali hembusan  dengan amplitudo 9-24 mm dan durasi 42-76 detik.

Tak hanya itu, Mahagiri Tohlangkir sebutan lain dari Gunung Agung bagi warga Bali juga mengalami gempa low frekuensi sebanyak 6 kali, gempa vulkanik dangkal jumlah 3 kali, gempa vulkanik dalam 1 kali.

Bahkan alat seismograf PVMBG juga melaporkan terjadinya tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 1-6 mm (dominan 1 mm).

Sebelumnya asap pekat berwarna abu kembali membumbung dari kawah Gunung Agung, Selasa (12/12/2017) sore pukul 17.55 Wita. Asap pekat itu terlihat dari sela-sela awan yang masih menutup wajah Gunung Agung.

"Perkiraan ketinggiannya ini sekitar 2500 meter," kata Kepala Sub-Bidang Mitigasi Wilayah Barat, Kristianto, yang ikut mengamati kondisi gunung agung yang mengeluarkan asap pekat dari Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Rendang, Karangasem.

Pantauan Tribun Bali, asap yang keluar kali  ini masih condong ke arah barat dan barat daya. Asap pekat kali ini terlihat lebih pekat dari yang keluar sebelumnya. Bahkan, ketinggiannya melampaui yang terlihat keluar sejak pagi hingga siang tadi.

Saat ini Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menganalisa atas munculnya asap bercampur abu vulkanik itu.

Untuk selengkapnya begini laporan  MAGMA-VAR.        

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help