Natal dan Tahun Baru

Libur Panjang Nataru, XL Axiata Siap Layani Kenaikan Trafik

Seperti tahun-tahun sebelumnya, trafik data diperkirakan akan meningkat secara total hingga 10%, dan didominasi trafik data.

Libur Panjang Nataru, XL Axiata Siap Layani Kenaikan Trafik
Istimewa
Seorang petugas mengecek kesiapan jaringan XL Axiata 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PT XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik, sepanjang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, trafik data diperkirakan akan meningkat  secara total hingga 10%, dan didominasi trafik data.

Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga akan bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan teknologi jaringan yang akan bisa mengalihkan kepadatan trafik di suatu tempat ke tempat lain yang lebih longgar.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, mobilitas masyarakat Indonesia dalam mengisi libur panjang Natal dan Tahun Baru semakin meningkat.

Selain melakukan perjalanan, mereka juga banyak memanfaatkan waktu luang liburan untuk melakukan aktivitas digital.

“Masyarakat tidak hanya sekadar mengucapkan selamat Natal atau Tahun Baru. Habit berbagi pengalaman dan informasi melalui dunia maya semakin menjadi keseharian masyarakat Indonesia dan hal inilah yang terutama menjadi faktor pendorong meningkatnya trafik layanan di setiap masa libur panjang,” katanya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Senin (25/12/2017).

Semua aktivitas jaringan XL Axiata akan bisa terpantau melalui suatu monitoring center yang berada di Jakarta dan beberapa kota lain.

Melalui monitoring ini, kata dia, petugas jaringan XL Axiata bisa langsung terdeteksi jika terjadi suatu kepadatan di suatu lokasi, atau bahkan juga suatu persoalan. Dengan demikian, tindakan pencegahan atau penanganan lebih lanjut bisa segera dilakukan.

Strategi antisipasi kenaikan trafik oleh XL Axiata juga menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan.

Untuk itu, XL Axiata melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan.

Halaman
12
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help