Simak! Manfaat Konsumsi Ikan Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui

Ikan menjadi makanan yang sangat populer saat, namun masih banyak orang yang tidak suka makan ikan, padahal ikan memiliki sejuta manfaat.

Simak! Manfaat Konsumsi Ikan Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui
Kompas.com/Istimewa
Ilustrasi sumber protein 

TRIBUN-BALI.COM - Manfaat ikan untuk kesehatan sudah diakui sejak dulu.

Benefit itu didapatkan antara lain dari asam lemak omega-3—yang disebut baik untuk kesehatan jatung, mengurangi kekakuan sendi, serta menurunkan risiko depresi.

Ikan pun kian populer menjadi makanan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, khususnya di antara orang-orang yang belum pernah mengonsumsi banyak ikan.

Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak ikan (dan lebih banyak omega-3) dapat membantu menyembuhkan Anda setelah serangan jantung, mengurangi efeknya, serta memberikan tindakan anti-inflamasi secara umum.

Nah, sekarang ada alasan baru mengapa ikan perlu ada dalam menu Anda, yakni karena ikan dianggap dapat membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan fungsi otak.

Menurut studi terbaru dari University of Pennsylvania, anak-anak yang makan ikan dalam seminggu mendapatkan nilai IQ lima poin lebih tinggi, dan disebut lebih sedikit mengalami gangguan tidur.

Dalam penelitian yang menganalisis lebih dari 500 anak-anak berusia 9-11 tahun itu memang tak diidentifikasi jenis ikan yang diasup, tapi para peneliti tertarik untuk mendalami jenis ikan apa saja yang dapat meningkatkan performa otak dan tidur lebih baik.

Bila selama ini ikan salmon diakui memiliki banyak lemak omega-3, namun ternyata sarden serta ikan kembung pun kaya akan kandungan tersebut.

“Kekurangan waktu tidur terkait dengan perilaku anti-sosial; kemampuan kognisi yang rendah terkait dengan perilaku anti-sosial,” kata Adrian Raine, Ph.D, profesor kriminologi, psikiatri dan psikologi di University of Pennsylvania.

“Kami menemukan bahwa suplemen omega-3 mengurangi perilaku anti-sosial, sehingga tak mengejutkan bahwa ikan berperan besar dalam hal tersebut. Jika ikan meningkatkan kualitas tidur, maka itu hal yang bagus. Jika turut serta meningkatkan kemampuan kognitif—seperti yang ditemukan saat ini—lebih bagus. Dua kali lebih baik.”

Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help