Berita Pemkot Denpasar

Bentuk Damakesmas, Dinas Kesehatan Kota DenpasarTerjunkan Tim Kegawatdaruratan

Pemkot Denpasar membentuk pelayanan kesehatan untuk meningkatkan akses, kapasitas dan kualitas kesehatan masyarakat Kota Denpasar.

Bentuk Damakesmas, Dinas Kesehatan Kota DenpasarTerjunkan Tim Kegawatdaruratan
Istimewa
Damakesmas bantu meningkatkan akses layanan kesehatan terhadap masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan/keperawatannya sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kota Denpasar merupakan titik sentral berbagai kegiatan pemerintahan, perekonomian dan pendidikan di Propinsi Bali.

Hal ini mengakibatkan kebutuhan masyarakat akan berbagai hal menjadi lebih tinggi dari daerah lainnya di Bali termasuk kebutuhan akan pelayanan kesehatan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Luh Putu Sri Armini saat ditemui di di ruang kerjanya, Senin (8/1).

Lebih lanjut Sri Armini meski telah ada fasilitas kesehatan yang memadai permintaan masyarakat akan pelayanan pra rumah sakit dan rujukan yang terus meningkat.

Hal inilah yang membuat Pemerintah Kota Denpasar merancang suatu pelayanan kesehatan untuk meningkatkan akses, kapasitas dan kualitas kesehatan masyarakat Kota Denpasar.           

Melalui Denpasar Mantap Kesehatan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan nama Damakesmas menurut Sri Armini merupakan program inovasi pelayanan kesehatan masyarakat untuk mendukung program Padmaksara dalam mewujudkan pelayanan prima berlandaskan Sewaka Dharma dan meningkatkan akses, kapasitas dan kualitas kesehatan dan pembangunan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan terhadap masyarakat dan meningkatkan kemandirian individu, keluarga, kelompok/masyarakat (risiko tinggi/rawan kesehatan, miskin) untuk mengatasi masalah kesehatan/keperawatannya sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Program Damakesmas ini meliputi Program Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Sehari-hari (SPGDTS) dan Program Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas).

Dimana masyarakat dapat langsung menerima pelayanan kegawatdaruratan dari Tim Damakesmas sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Damakesmas merupakan pelayanan pra rumah sakit dan rujukan. Sebelumnya  Pelayanan pra rumah sakit (Prehospital medical services  system) di Kota Denpasar dilayani oleh 2 PSC dengan tenaga masyarakat umum yang terlatih, sudah sejak tahun 2005 sekarang sudah dilengkapi dengan tenaga medis.

Halaman
12
Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help