Isu Reshuffle Merebak, Diprediksi Sosok Menteri yang Menggerus Elektabilitas Jokowi akan Dicopot

Diprediksi, Presiden Joko Widodo tidak hanya akan mereshufle Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Isu Reshuffle Merebak, Diprediksi Sosok Menteri yang Menggerus Elektabilitas Jokowi akan Dicopot
Jokowi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Hendri Satrio memprediksi, Presiden Joko Widodo tidak hanya akan mereshufle Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina itu mengatakan sosok-sosok menteri lain yang dinilai menggerus elektabilitas Jokowi juga diprediksi akan dicopot.

"Karena, bila reshuffle sekarang, kemungkinan bertujuan untuk membentuk tim sukses menuju Jokowi dua periode. Jadi yang diganti adalah menteri yang dapat menggerus citra," ujar Hendri kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2018).

Selain menteri yang berpotensi menggerus citra, Jokowi diprediksi juga akan mereshuffle menteri yang berasal dari partai politik yang agenda politiknya tidak sejalan dengan pemerintah.

"Jadi faktor kinerja akan jadi pertimbangan (dalam mereshuffle). Tapi bukan faktor utama. Sekarang mungkin terpilih dua periode menjadi prioritas utama Jokowi. Sebab percuma semua kerja, bila gagal dua periode. Yang dikerjakan tidak selesai," ujar Hendri.

Diberitakan, kabar reshuffle dalam Kabinet Kerja merebak, beberapa hari terakhir.

Isu itu menguat setelah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendaftarkan diri menjadi calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur.

Jokowi yang ditanya wartawan mengenai reshufle usai menghadiri HUT PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2018), tidak mengonfirmasinya.

Ia hanya menjawab, "kamu jangan maksa-maksa (reshuffle)".(Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Jokowi Diprediksi Tidak Hanya Mereshuffle Airlangga dan Khofifah

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help