BRI Imbau Masyarakat Ambil Sisa Titipan Denda Tilang

Jumlah tilang selama 2017 yang diterima melalui BRIuntuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara mencapai 140.619 pelanggar.

BRI Imbau Masyarakat Ambil Sisa Titipan Denda Tilang
Tribun Bali / I Wayan Erwin Widyaswara
Tilang 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sejak berlakunya sistem pembayaran e-Tilang yang telahdikerjasamakan antara POLRI dan Bank BRI, para penggunalalu lintas dapat melakukan pembayaran denda tilang secaraelektronis melalui rekening virtual Bank BRI.

Berdasarkan data yang dipaparkan Pemimpin Bank BRI Wilayah Denpasar DediSunardi, jumlah tilang selama 2017 yang diterima melalui BRIuntuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara mencapai 140.619 pelanggar.

Baca: Sisa Uang Denda Tilang Warga Bali Tersimpan di BRI

Baca: HATI-HATI! Hari Ini Terjadi Dua Kasus Curanmor di Tabanan, Pelakunya Pakai Kunci Palsu

Untuk wilayah Bali terdapat sekitar 66.017pelanggar, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 21.338, danNusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 53.264.

“Jumlah itu yang disetorkan ke BRI. Sebab ini adalah kerjasamaBRI dengan POLRI, Kejaksaan RI dan Mahkamah Agung,” jelasnya kepada Tribun Bali, Selasa (23/1) di Denpasar.

Para pelanggara yang ditindak/ditilang oleh pihak kepolisiandapat diberikan slip Merah atau slip Biru tergantung pilihanpelanggar.

Apabila pengguna memilih slip Merah, makapelanggar harus menunggu hingga hari persidangan danmelakukan pembayaran denda tilang sesuai putusan sidang danbaru mengambil barang bukti.

Sementara untuk slip Biru, pelanggar harus membayar dendamelalui Bank BRI dalam bentuk titipan denda tilang (maksimal) dan langsung dapat mengambil Surat Tanda Nomor KendaraanBermotor (STNK) / Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantorkepolisian.

Apabila hasil putusan sidang ternyata denda tilanglebih kecil dari titipan tilang, maka pelanggar akan datang keKejari setempat untuk mendapatkan surat keterangan sisa titipandenda tilang dan pelanggar datang ke unit kerja operasionalBank BRI untuk mengambil sisa titipan denda tilang tersebut. Sisa denda tilang ini bisa dipinda-bukukan ke rekening tabungan(apabila pelanggar telah mempunyai rekening tabungan di BRI) atau bisa juga dibayarkan secara tunai.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help