3 Kali Konstruksi Bangunan Publik di Indonesia Ambrol, 2 Menteri Ini Dinilai Bertanggung Jawab

Ketiga peristiwa ini sangat berdekatan. Dan ini menunjukkan kedua Menteri tidak melakukan fungsi pengawasan yang memadai.

3 Kali Konstruksi Bangunan Publik di Indonesia Ambrol, 2 Menteri Ini Dinilai Bertanggung Jawab
(Dok. Instagram @polisi_bandara_soekarnohatta)
Tembok Jalan Perimeter Selatan, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, ambrol, Senin (5/2/2018).(Dok. Instagram @polisi_bandara_soekarnohatta) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Menyedihkan dan memprihatinkan pengelolaan konstruksi di Indonesia.

Teranyar ambrolnya tembok di jalan perimeter bagian selatan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Senin (5/2/2018).

Berdasarkan catatan Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing, kurang dari rentang satu bulan terakhir ini, tiga peristiwa runtuhnya bangunan konstruksi di ibukota dan di bandara internasional Soekarno-Hatta.

Yakni, pertama, kejadian crane ambruk di Proyek DDT PT KAI Matraman.

Kemudian ambrolnya kanopi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Tower II di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Dan terakhir ambrolnya tembok di jalan perimeter bagian selatan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

"Tiga peristiwa ini menelan korban meninggal sia-sia serta luka-luka parah dan ringan. Keluarga yang ditinggal pasti dalam kesedihan. Ini tidak boleh terulang," ujar Emrus Sihombing kepada Tribunnews.com, Selasa (6/2/2018).

Tiga peristiwa yang seolah beruntun ini, tegas dia, menunjukkkan manajamen konstruksi kita di Indonesia, khususnya bidang pengawasan konstruksi bangunan, sangat buruk dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian BUMN.

Minggu lalu, Tim ahli dari Lembaga EmrusCorner juga melakukan analisis dan sangat persuasif mempertanyakan siapa yang bertanggungjawab atas kegagalan menajemen konstruksi di Indonesia.

Hal ini tak lain agar pihak-pihak yang bertanggungjawab, misalnya Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN, melakukan langkah-langkah antisipatif dan atau evaluasi terhadap seluruh konstruksi yang akan dikerjakan, sedang dibangun, dan yang sudah selesai.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help