Renovasi Panyengker Pura Ambruk, Wayan Suwista Tewas Tertimbun Beton

Mereka tidak menyangka, renovasi panyengker (tembok pembatas) pura yang dilakukan secara gotong royong memakan korban jiwa.

Renovasi Panyengker Pura Ambruk, Wayan Suwista Tewas Tertimbun Beton
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Proses evakuasi korban yang tertimbun reruntuhan tembok di Pura Bukit Bitera, Gianyar, Senin (5/2). Evakuasi membutuhkan waktu sampai dua jam karena memakai tenaga manual. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Puluhan warga Banjar Roban, Desa Bitera, Gianyar, duduk dengan raut wajah sedih di areal lapang jaba sisi Pura Dalem Bukit Bitera, Senin (5/2) sore.

Mereka tidak menyangka, renovasi panyengker (tembok pembatas) pura yang dilakukan secara gotong royong memakan korban jiwa.

Ya, Wayan Suwista (48), warga setempat, tewas di tempat setelah tertimbun reruntuhan tembok lama Pura Dalem Bukit Bitera. Sementara I Made Runda (51) mengalami luka parah.

Pihak keluarga pun sangat terpukul akan peristiwa ini. Istri korban berulang kali jatuh pingsan mengetahui kondisi suaminya yang terbujur kaku.

Saat ditemui di rumahnya, istri korban belum bisa diajak bicara. Sementara anak korban sedang menuntut pendidikan di Singaraja.

Ketua Panitia Pembangunan Pura Dalem Bukit, I Gede Rubig Suparta, mengatakan sebelum peristiwa terjadi, sekitar 50 orang krama pangempon Pura Dalem Bukit tengah menggelar gotong royong, untuk renovasi panyengker.

Senin kemarin, kata dia, pihak krama berencana memasang pondasi cakar ayam di bawah tembok panyengker lama yang terbuat dari batu dan semen.

Lantaran cakar ayam relatif besar, ukuran 60 centimeter (cm) x 50 cm, Suwista dan Made Runda, melakukan penggalian tanah untuk memasang pondasi tersebut.

Namun dalam hitungan detik, tembok lama yang berada di atas kedua orang ini ambruk. Tembok ambruk tersebut memiliki panjang 20 meter dan tinggi 5 meter.

Sejumlah krama dapat menyelamatkan diri. Tapi nahas bagi Suwista dan Runda. Keduanya tertimbun reruntuhan.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help