Soal Kartu Kuning Jokowi Inilah Man Of The Matchnya, Bukan Presiden BEM UI, Tapi Sosok Pemuda Ini

Diakui atau tidak, Zaadit Taqwa termasuk pintar memanfaatkan peluang untuk mengkritik Presiden Joko Widodo tepat di depan mukanya.

Soal Kartu Kuning Jokowi Inilah Man Of The Matchnya, Bukan Presiden BEM UI, Tapi Sosok Pemuda Ini
Screenshoot
Presiden Mahasiswa UGM, Obed Kresna Widyapratistha 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Diakui atau tidak, Zaadit Taqwa termasuk pintar memanfaatkan peluang untuk mengkritik Presiden Joko Widodo tepat di depan mukanya.

Keruan saja, baru masuk ruangan Balairung Universitas Indonesia, sebelum duduk di tempat duduknya, Presiden Jokowi mendapat sentilan dari pluit dan kartu kuning Zaadit saat menghadiri Dies Natalis ke-68 UI, Jumat (2/2/2018).

Siapa orang tak geger, kartu kuning dan pluit Zaadit yang notabene sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI itu untuk Presiden Jokowi, sementara di kiri kanan dan belakangnya berdiri rektor dan para dosen UI.

Kartu kuning dan pluit di ruang itu merangkum kritik yang dialamatkan kepada Presiden Jokowi, meski Zaadit baru menjelaskan maksudnya usai diamankan satu personel Pasukan Pengamanan Presiden.

Orang boleh saja sepakat dengan gaya Zaadit mengkritik, tapi tak sedikit yang menyesalkan tindakannya tersebut, karena sebagai tuan rumah, ia harus menghormati tamunya.

"Ini kritikan yang sudah halus dan elegan terhadap pemerintah," begitu nilai Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/2/2018) malam.

Selain itu, Pangi mengapresiasi tak ada kerusuhan yang timbul dari aksi ini karena Zaadit yang beraksi solo tetap diperlakukan baik oleh personel Paspampres.

"Salut dan kita apresiasi Presiden Jokowi, terkesan Presiden Jokowi tidak lah otoriter seperti banyak tuduhan orang selama ini terhadap Beliau. Presiden sangat demokratis," dia menambahkan.

Caranya mengkritik, Najwa Shihab sebagai host Program Mata Najwa menghadirkan sejumlah ketua BEM di antaranya Zaadit Taqwa (Ketua BEM UI), Gafar Revindo (Presiden Mahasiswa Trisakti), Qudsyi Ainul Fawaid (Presiden Mahasiswa IPB), Obed Kresna Widyapratistha (Presiden Mahasiswa UGM), dan Ardhi Rasy Wardhana (Presiden Keluarga Mahasiwa ITB).

 Dalam diskusi pada Rabu (8/2/2018) malam, Program Mata Najwa mengangkat teman, Kartu Kuning Jokowi.

Halaman
123
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help