Simpang Ring Banjar

Merinding, Pemedek Rasakan Ada ‘Ikan Panjang’ Sentuh Kaki Saat Melukat di Pancoran Solas

Menurut Ngakan Suarsana, pada masa dahulu kala, pancoran solas hanya merupakan mata air biasa di bantaran sungai melangit

Merinding, Pemedek Rasakan Ada ‘Ikan Panjang’ Sentuh Kaki Saat Melukat di Pancoran Solas
Tribun Bali/Muhamad Fredey Mercuri
Pancoran Solas 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Muhammad Fredey Mercury

TRIBUN-BALI.COM- Pancoran solas ini merupakan salah satu saksi bisu sejarah, pada masa pelarian Raja Dalem Dimade ke wilayah Guliang.

Menurut Ngakan Suarsana, pada masa dahulu kala, pancoran solas hanya merupakan mata air biasa di bantaran sungai melangit, hanya saja kerap digunakan sang raja untuk mandi (mesiram) serta beristirahat.

Baca: Pura Agung dan Pancoran Solas Bukti Pengungsian Raja Gelgel, Hasil Meditasi Ida Bagawanta

Sebagai ungkapan kebahagiaan raja lantaran mata air ini mampu memberikan rasa tenang dan nyaman, dipugarlah mata air tersebut menjadi sebuah pesiraman dengan membagi menjadi 11 pancuran, dan diberi nama Pancoran Solas.

“Bentuk pancorannya sama, namun dulu menggunakan bambu pada padas, yang terus diperbaharui setiap tiga bulan sekali. Namun sejak pemugaran dari pihak provinsi seluruhnya diganti menggunakan padas yang berbentuk, mengikuti pancoran di Tampak Siring, Gianyar,” jelasnya.

Ngakan Suarsana kemudian menceritakan, dari sisi niskala, menurut pernyataan pemedek yang melakukan pemelukatan di pancoran solas, mereka merasakan ikan panjang yang berenang, hingga menyentuh kaki.

Pihaknya juga sempat mendapati pemedek yang tiba-tiba kerasukan.

“Entah mengapa tiba-tiba mereka menyebut Allahhu Akbar… Allahhu Akbar, atau menyebut nama orang, saya juga kurang tahu mengapa. Yang jelas saya sendiri tidak merasakan hal tersebut,” ucapnya.

Kuatnya aroma magis di Pancoran Solas, ternyata juga bayak diyakini masyarakat bahwa melukat di pancoran solas mampu menetralisir segala penyakit.

Halaman
123
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help