Home »

Bali

BAPETEN Atensi Kemungkinan Adanya Ancaman Radiasi Nuklir dalam Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali

Terlebih lagi Indonesia pada tahun ini akan menjadi tuan rumah untuk Asian Games dan The Annual Meetings of IMF-World Bank 2018.

BAPETEN Atensi Kemungkinan Adanya Ancaman Radiasi Nuklir dalam Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali
Tribun Bali/Widyartha Suryawan
Kepala BAPETEN, Jazi Eko Istiyanto 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) sebagai badan pengawas tenaga nuklir di Indonesia saat ini terus memperbaiki infrastruktur pengawasannya.

Terlebih lagi Indonesia pada tahun ini akan menjadi tuan rumah untuk Asian Games dan The Annual Meetings of IMF-World Bank 2018.

Kepala BAPETEN, Jazi Eko Istiyanto mengatakan BAPETEN melakukan pengawasan tenaga nuklir untuk menjamin keselamatan dan keamanan bagi pengguna, masyarakat, dan lingkungan.

"Isu keamanan berbeda dengan keselamatan. Keselamatan itu pada teknologinya; sedangkan keamanan berkaitan dengan aktor dari luar," ujar Eko saat mendapat kunjungan dari Integrated Regulatory Review Service (IRRS) Mission of the IAEA (International Atomic Energy Agency), di Kuta, Badung, Bali, Senin (12/2).

Eko mengatakan, BAPETEN akan turut melakukan pengawasan terhadap helatan ASIAN Games maupun pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali, Oktober mendatang.

Pengawasan tersebut, kata Eko, dilakukan dengan bantuan peralatan dari IAEA.

"Event besar itu, peluang orang untuk mengacaukan pasti ada. Kita bantu kepolisian atau tentara dengan peralatan yang dipinjami IAEA," imbuhnya.

Eko menambahkan, zat radioaktif atau radiasi nuklir tidak bisa dilihat. Sehingga, diperlukan alat untuk mendeteksinya.

Dalam pertemuan selama empat hari tersebut, BAPETAN bersama IAEA akan membahas tentang berbagai hal terkair perkembangan teknologi dan adanya perubahan terhadap standar internasional dalam pemanfaatan teknologi nuklir.

Termasuk pula tentang pelaksanaan pengkajian di Bidang Keselamatan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif; perizinan terkait pengelolaan limbah radioaktif dan keselamatan pemanfaatan radiasi di bidang kesehatan; serta inspeksi terhadap pengelolaan limbah radioaktif dan keselamatan pemanfaatan radiasi di bidang kesehatan. (*)

Penulis: Widyartha Suryawan
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help