TribunBali/

Berita Banyuwangi

Pemuka Agama Berkumpul, Jaga Masyarakat Banyuwangi Jaga Kerukunan 

Ketua FKUB Banyuwangi KH Muhammad Yamin, berharap umat terus menjaga kerukunan dalam keberagaman

Pemuka Agama Berkumpul, Jaga Masyarakat Banyuwangi Jaga Kerukunan 
Surya
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama para pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Senin (12/2). 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI-- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar pertemuan dengan para pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Senin (12/2).

Ketua FKUB Banyuwangi KH Muhammad Yamin, berharap umat terus menjaga kerukunan dalam keberagaman.

Saat ini, di sejumlah daerah terjadi kekerasan yang berpotensi mengganggu kerukunan umat, seperti persekusi biksu di Tangerang, kekerasan terhadap kiai di Bandung, dan penyerangan terhadap gereja di Sleman.

“Kita semua menyesalkan kekerasan, untuk dan atas nama apapun. Termasuk kemarin ada penyerangan gereja, itu bukanlah perilaku yang dibenarkan ajaran agama manapun. Itu tragedi kemanusiaan,” kata KH Yamin, yang juga ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi.

Keprihatinan tersebut harus disikapi dengan terus menjaga kerukunan antar umat.

“Kerukunan yang selama ini telah terbina dengan baik di Banyuwangi harus terus kita tingkatkan,” imbuhnya.

Terkait pelaku penyerangan gereja yang berasal dari Banyuwangi, Yamin meminta umat di Banyuwangi tetap tenang dan terus menjaga kerukunan.

Hal yang sama diutarakan Romo Yosep Utus O.Carm. Sebagai Ketua Dikenat Blambangan, lembaga kepastoran di Banyuwangi, ia meminta kerukunan yang telah terjalin sangat baik tidak tergoyahkan dengan kejadian-kejadian di luar daerah.

"Kami menyesalkan kekerasan itu. Tapi, kami yakin dengan kerukunan umat di sini, jadi kejadian kekerasan tidak akan terjadi Banyuwangi,” ungkapnya.

Romo Fajar Tejo Sukarno menambahkan, masyarakat Banyuwangi tidak perlu terprovokasi dengan sejumlah kekerasan di luar daerah.

Halaman
12
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help