Home »

Bali

Berita Pemkot Denpasar

Rai Mantra Sebut Revitalisasi Pasar Sebagai Peningkatan Kapasitas “Akar Rumput”

Revitalisasi pasar rakyat atau pasar tradisional menjadi getol program Pemkot Denpasar dalam peningkatan ekonomi kerakyatan di Kota Denpasar.

Rai Mantra Sebut Revitalisasi Pasar Sebagai Peningkatan Kapasitas “Akar Rumput”
Istimewa
Walikota Rai Mantra menyemangati pedang pasar rakyat yang mengikuti lomba cerdas cermat, Senin (12/2) di Pasar Agung Peninjoan, Kecamatan Denpasar Utara. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Revitalisasi pasar rakyat atau pasar tradisional menjadi getol program Pemkot Denpasar dalam peningkatan ekonomi kerakyatan di Kota Denpasar.

Di samping dalam peningkatan fisik pasar lewat penataan-penataan yang ada hingga peningkatan Sumber Daya Manusia baik pedagang dan pengelola pasar rakyat.

Salah satu peningkatan pengelolaan pasar rakyat dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Denpasar lewat lomba cerdas cermat dan yel-yel pedagang pasar rakyat cerdas dan kreatif, Senin (12/2) di Pasar Agung Peninjoan, Kecamatan Denpasar Utara.

Kegiatan yang melibatkan para pedagang pasar yang telah di revitalisasi dan telah mengikuti sekolah pasar rakyat Kota Denpasar yang disaksikan langsung Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang sekaligus sebagai juri kehormatan dalam kegiatan tersebut.

 “Jika ini sudah berjalan secara baik dari peningkatan fisik pasar rakyat dari program revitalisasi dan peningkatan pengetahuan pedagang yang nantinya tidak meragukan lagi terhadap persaingan dari serbuan toko-toko modern yang ada,’’ ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut menurut Rai Mantra penataan pasar rakyat ini dengan strategi revitalisasi dan peningkatan pengetahuan pedagang salah satunya melalui lomba cerdas cermat dan sekolah pasar sebagai peningkatan kapasitas di “akar rumput’’.

Artinya pelaksanaan program ini menjadi dorongan peningkatan ekonomi kerakyatan yang ada di pasar rakyat.

Di samping itu keberadaan pasar rakyat saat ini di Kota Denpasar telah menunjukan peningkatan yang disambut baik para pedagang, pengelola dan masyarakat yang tentunya tidak diragukan lagi untuk dapat bersaing dengan pasar modern.

Terlebih keberadaan Pasar Agung Peninjoan yang telah mendapatkan predikat Pasar Rakyat Standar Nasional Indonesia dari pemerintah pusat.

Hal yang sama juga diraih Pasar Sindhu Sanur sebagai pasar terbaik ditingkat Asia, yang juga membawa dampak pada peningkatan omset pengelolaan pasar rakyat.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help