Citizen journalism

Komunitas EH Bali Lakukan Aksi “Coastal Beach Clean Up”, Pantai Kelan Didominasi Sampah Plastik

Tujuan kegiatan “Coastal Beach Clean Up” adalah untuk mengidentifikasi dan mendata jenis sampah dengan menggunakan metode

Komunitas EH Bali Lakukan Aksi “Coastal Beach Clean Up”, Pantai Kelan Didominasi Sampah Plastik
Istimewa
Komunitas EH Bali Lakukan Aksi “Coastal Beach Clean Up”, Minggu (18/2/2018) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPRUA – Momen hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2018 dimanfaatkan dengan baik oleh Komunitas Earth Hour Bali untuk kegiatan membersihkan pantai dalam aksi “Coastal Beach Clean Up”.

Kegiatan “Coastal Beach Clean Up” dilakukan di Pantai Kelan yang berlokasi di Jalan Segara Madu, Kelan, Kabupaten Badung, Bali pada hari Minggu (18/2/2018) 2018 dari pukul 06.00 s/d 11 wita.

Dalam aksi ini, Komunitas Earth Hour Bali menggandeng Komunitas Marine Buddies Denpasar dan Komunitas  Debris Guard Udayana.

Selain untuk membersihkan Pantai Kelan dari sampah, tujuan kegiatan “Coastal Beach Clean Up”  adalah untuk mengidentifikasi dan mendata jenis sampah dengan menggunakan metode CSIRO Australia Coastal Survey.

Melalui metode ini dapat diketahui jenis sampah plastik yang dimanfaatkan kembali sehingga  dapat diketahui sampah plastik yang  memiliki nilai ekonomis (ecobrick).

Komunitas EH Bali Lakukan Aksi “Coastal Beach Clean Up”,
Komunitas EH Bali Lakukan Aksi “Coastal Beach Clean Up”, ()

Hasil dari survey sampah di Pantai Kelan menunjukan jenis sampah plastik sangat mendominasi yaitu dengan persentase terbanyak yakni 63%.

Sedangkan jenis sampah kaca (glass) dan  foam menempati  urutan kedua dengan persentase 15%. 

Posisi ketiga ditempati sampah dengan jenis bahan karet (rumbber), kain (cloth), dan kertas dengan persentase 2%.

Sisanya sebanyak 1% berupa sampah berbahan kayu dan logam (metal).

Bahan sedotan paling sering menjadi item jenis sampah plastik yang sering ditemukan saat melakukan survey di Pantai Kelan.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help