Samadi dan Luh Menek, Dua Pengabdi Seni Budaya Tampil di Bentara Budaya Bali Malam Ini

Ni Luh Menek, salah satu dari para maestro Bali yang mengabdikan keseluruhan hidupnya dalam bidang seni tari.

Samadi dan Luh Menek, Dua Pengabdi Seni Budaya Tampil di Bentara Budaya Bali Malam Ini
Istimewa

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sebagai bagian dari penghormatan pada Pengabdi Seni Budaya, Bentara Budaya Bali (BBB) mengetengahkan Pameran Topeng dan Pertunjukan Tari, menghadirkan seniman Samadi dan penari Luh Menek.

Keduanya merupakan penerima Anugerah Bentara Budaya tahun 2017.

Pembukaan berlangsung Sabtu (24/2/2018), pukul 18.30 WITA di Jalan Prof. Ida Bagus Mantra, No. 88 Ketewel, Gianyar.

Agenda ini merupakan rangkaian program memaknai 35 Tahun Bentara Budaya yang dirayakan 2017 lalu, tepatnya tanggal 26 September 2017.

Kala itu, Bentara Budaya menyerahkan Penghargaan Pengabdi Seni Budaya kepada 7 tokoh, antara lain: penari Luh Menek, penggerak teater Rudolf Puspa, pelestari topeng Samadi, penggiat akapela “mataraman” Pardiman Djoyonegoro, penghidup wayang potehi Toni Harsono,penelaah sastra Betawi Abdul Chaer, dan tokoh ludruk serta ketoprak Kirun.

Ni Luh Menek, salah satu dari para maestro Bali yang mengabdikan keseluruhan hidupnya dalam bidang seni tari.

Kelahiran tahun 1939 di Jagaraga, Buleleng ini juga berhasil mengangkat nama Desa Tejakula sebagai sebuah ikon yang identik dengan spesialis tari yang beliau tarikan.

Ia juga dikenal sebagai penari yang memiliki kekhasan gaya tari Buleleng, seperti Teruna Jaya, Palewakya, dan Cendrawasih.

Cirinya yang paling menonjol adalah gerakannya yang enerjik, agresif, serta perpaduan antara gaya yang manis dan kelembutan.

Bagi Luh Menek, tari merupakan saudara yang baik dan hingga sekarang tak pernah berpisah. Atas dedikasinya, Luh Menek telah menerima berbagai penghargaan dari Pemerintah Daerah Bali.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved