Ini Formula Jitu Cok Ace Bangkitkan Wirausaha Muda Melalui Pariwisata

Selain menjual panorama, kita bisa menjual pengalaman kepada para wisatawan bagaimana hidup di desa

Ini Formula Jitu Cok Ace Bangkitkan Wirausaha Muda Melalui Pariwisata
Istimewa
Cok Ace bersama kalangan generasi muda di Bali dalam sebuah workshop wirausaha muda, pada Sabtu (24/2/2018) di Renon, Denpasar. 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR- Calon Wakil Gubernur Bali nomor urut 1, Tjok Oka Arta Ardana Sukawati (Cok Ace) sebagai akademisi sekaligus praktisi pariwisata memberikan motivasi sekaligus membagi berbagai pengalaman serta pengetahuan kepada kalangan generasi muda di Bali dalam sebuah workshop wirausaha muda, pada Sabtu (24/2/2018) di Renon, Denpasar.

Bagi tokoh Puri Ubud yang juga melakoni berkesenian ini, minat generasi muda Bali untuk terjun ke dunia wirausaha sangat luar biasa.

Hanya saja mereka belum berpengalaman. Untuk itu perlu diarahakan.

Menurut mantan Bupati Gianyar yang saat ini mendampingi Calon Gubernur PDIP Wayan Koster ini,  usaha yang cocok dikembangkan bagi mereka adalah di bidang pariwisata.

Dikatakannya bahwa terjun di bisnis pariwisata tidak selalu harus bermodal besar.

"Pariwisata Bali, potensinya masih sangat besar untuk dikelola. Jika potensi itu dikelola melalui sistem kluster sesuai karakteristik masing-masing daerah. Maka para pemuda di desa tidak perlu lagi berlomba-lomba pergi ke kota untuk mencari pekerjaan," ungkapnya.

Misalnya sebut dia, melalui pembuatan desa-desa wisata yang disesuaikan dengan ciri khas serta karateristik masing-masing daerah.

Kemudian para generasi mudanya diarahkan untuk mengelola home stay.

Kenapa dipilih home stay? Karena modal yang dibutuhkan sangat terjangkau.

"Selain menjual panorama, kita bisa menjual pengalaman kepada para wisatawan bagaimana hidup di desa. Mereka bisa melihat para petani kita bagaimana bercocok tanam pada pagi hari di desa," sebutnya.

Halaman
12
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved