Serba Serbi

Hari Raya Besar Agama Hindu dari Bulan Maret Hingga Desember 2018

Menjelang hari raya Nyepi bertepatan dengan hari raya Saraswati, umat Hindu di Bali telah banyak mempersiapkan segala kebutuhan upacaranya.

Hari Raya Besar Agama Hindu dari Bulan Maret Hingga Desember 2018
istimewa
Ilustrasi perayaan Nyepi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Menjelang hari raya Nyepi bertepatan dengan hari raya Saraswati, umat Hindu di Bali telah banyak mempersiapkan segala kebutuhan upacaranya.

PHDI Bali, mengimbau bahwa pelaksanaan upacara Saraswati harus diselesaikan pada Pukul 06.00 Wita dan dilanjutkan dengan Catur Brata Penyepian hingga pukul 06.00 Wita keesokan harinya.

Ternyata tak hanya hari raya Nyepi dan Saraswati yang jatuh pada hari Sabtu 17 Maret, namun ada Pagerwesi Rabu (21/3) dan Tumpek Landep Sabtu (31/3).

Di bulan April tak ada hari raya besar, dan di bulan Mei ada hari raya yang kita kenal dengan kemenangan dharma melawan adharma yaitu Galungan di tanggal 30 tepat pada hari Rabu.

Sementara hari raya Kuningan jatuh di bulan Juni pada Sabtu (9/6), dan tumpek Krulut berada di bulan juli pada Sabtu, (14/7).

Bulan Agustus terdapat hari raya bagi para hewan peliharaan yaitu Tumpek Kandang, yang jatuh di hari sabtu (18/8).

September terdapat hari raya para dalang atau seniman wayang yakni, Tumpek Wayang di hari sabtu tanggal (22/9).

Saraswati dan Pagerwesi yang di Peringati setiap enam bulan sekali maka kembali jatuh pada bulan Oktober,di hari  sabtu, (13/10) dan Rabu, (17/10), dikuti dengan hari raya Tumpek Landep di hari dan tanggal
Sabtu, (27/10).

November kembali sepi dari hari raya, namun di penghujung tahun kita akan kembali menunaikan hari raya Galungan pada hari Rabu, (26/12).

"Semua itu sudah tepat dan benar dengan perhitungan dalam penyusunan kalender, dan tidak ada melesetnya, Ungkap Jero Mangku Made Pasek Subawa.(*)

Penulis: I Kadek Supriadi
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved