Waspada! Tiga WN Turki Bobol ATM Ribuan Nasabah, Beraksi di Bali, Thailand dan Malaysia

Petugas Ditrektorat Reskrimum Polda Bali terus mengembangkan pemeriksaannya terhadap tiga warga negara (WN) Turki yang ditangkap

Waspada! Tiga WN Turki Bobol ATM Ribuan Nasabah, Beraksi di Bali, Thailand dan Malaysia
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Tiga pelaku pembobol data naabah bank saat diamankan di Mapolda Bali, Senin (12/3). Selain Indonesia, aksi mereka juga menyaar Thailand dan Malaysia. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Petugas Ditrektorat Reskrimum Polda Bali terus mengembangkan pemeriksaannya terhadap tiga warga negara (WN) Turki yang ditangkap pada Jumat (9/3) atas kasus bobol data ATM para nasabah.

Hasil pemeriksaan, sudah ada ribuan data nasabah yang dibobol pelaku jaringan internasional ini.

Tiga pelaku sindikat pembobolan data nasabah bank ini adalah Dogan Kimis (43), Mehmet Ali Mantes (31) dan Tayfun Koc (36).

Direktur Ditrektorat Reskrimum Polda Bali, Kombes Sang Made Mahendra Jaya menyatakan, ketiga tersangka menggunakan tekhnik raouter (mengambil data nasabah) dalam menjalankan aksinya.

Namun, hasil curian itu belum ditentukan berapa total kerugian para nasabah. Pihaknya masih melakukan pengecekan data di dalam komputer milik para tersangka.

"Untuk kerugian masih didalami di labfor. Yang pasti mereka melakukan pencurian data nasabah dengan modus skimming," ucap Mahendra, Senin (12/3).

Mahendra menyebut, pengendalian pencurian ini dikendalikan dari Turki. Ketiga tersangka merupakan tersangka dalam kejahatan yang beraksi di beberapa negara.

Bahkan dugaannya mencapai ribuan nasabah bank yang datanya sudah dicuri dan saldonya dibobol oleh pelaku.

Ribuan nasabah yang datanya sudah dibobol pelaku ini berasal dari Indonesia seperti daerah Bali, kemudian Thailand dan Malaysia.

Tiga pelaku pembobol data naabah bank saat diamankan di Mapolda Bali, Senin (12/3). Selain Indonesia, aksi mereka juga menyaar Thailand dan Malaysia.
Tiga pelaku pembobol data naabah bank saat diamankan di Mapolda Bali, Senin (12/3). Selain Indonesia, aksi mereka juga menyaar Thailand dan Malaysia. (Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa)

Ketiga tersangka ini masing-masing berperan mulai dari survei, memasang raouter serta memindahkan data nasabah.

Halaman
1234
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved