Kisah Kesaktian Raja Gusti Rangsasa dan Asal Usul Nama Jembrana

Penuh aura mistis, mungkin demikian kesan pertama yang didapat ketika kali pertama mengunjungi Pura Ratu Gede Dewasana ini.

Kisah Kesaktian Raja Gusti Rangsasa dan Asal Usul Nama Jembrana
Tribun Bali / I Gede Jaka Santhosa
Pura Ratu Gede Dewasana di Banjar Kerta Sentana (Dewasana), Desa Pekraman Kertha Jaya Pendem, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Rabu (14/3/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Banjar Adat Kertha Sentana yang berlokasi di ujung utara Desa Pekraman Kertha Jaya Pendem, Kecamatan/Kabupaten Jembrana menyimpan segudang cerita dan peninggalan bersejarah.

Konon, banjar ini terbentuk dari pelarian Raja Gusti Rangsasa yaitu seorang raja yang memerintah di kawasan pesisir di Kabupaten Jembrana.

Bahkan di Pura Gede Dewasana ditemukan sejumlah benda peninggalan kerajaan mulai dari peti berisikan busana kerajaan hingga sarkofagus.

Penuh aura mistis, mungkin demikian kesan pertama yang didapat ketika kali pertama mengunjungi Pura Ratu Gede Dewasana ini.

Konon pura ini didirikan pengikut setia Raja I Gusti Rangsasa yang sempat melarikan diri usai istananya di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana diporakporandakan Dang Hyang Nirartha atau Ida Pedanda Sakti Wawu Rawuh.

Sejumlah peninggalan bersejarah sempat ditemukan warga di sekitar pura yang berlokasi di sebelah selatan objek wisata Puncak Mawar tersebut.

Bendesa Pekraman Kertha Jaya Pendem, I Wayan Diandra mengatakan keberadaan Pura Ratu Gede Dewasana ini dipercaya memiliki kaitan dengan sejumlah kerajaan di Jembrana dan Bali.

Banyak versi cerita sejarah terkait terbentuknya banjar yang lebih akrab disapa dengan Banjar Dewasana ini.

Satu di antaranya yakni adanya temuan peti yang berisikan busana Dewa Anak Agung yang diyakini sebagai pengikut Raja I Gusti Rangsasa di Pura Ratu Gede Dewasana.

Juga sejumlah penemuan barang bersejarah lainnya.

Halaman
123
Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved