Gunung Agung Terkini

Dini Hari Tadi Gunung Agung Alami Letusan Capai 500 Meter

Gunung Agung yang masih berstatus Siaga atau berada di level III, Jumat (6/4/2018) dinihari tadi sempat mengalami letusan sekira pukul 01.50 Wita.

Dini Hari Tadi Gunung Agung Alami Letusan Capai 500 Meter
Istimewa
Gunung Agung 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA – Gunung Agung yang masih berstatus Siaga atau berada di level III, Jumat (6/4/2018) dinihari tadi sempat mengalami letusan sekira pukul 01.50 Wita.

Hal ini tercatat pada laporan aktivitas Magma Var dari PVMBG pengamatan Gunung Api Agung periode pengamatan 6 jam terakhir.

Dari sisi meteorologi, cuaca berawan dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Suhu udara 22-22 °C dan kelembaban udara 83-84 persen. 

Segi pengamatan secara visual, Gunung kabut 0-I hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 500 m di atas puncak kawah. 

Teramati letusan dengan tinggi 500 m dan warna asap kelabu.

Untuk kegempaan tercatat terdapat letusan berjumlah : 1, amplitudo : 10 mm, durasi : 182 detik, hembusan berjumlah : 2, amplitudo : 3-7 mm, durasi : 42-55 detik.

Serta terekam juga terdapat vulkanik dalam dengan jumlah : 5, amplitudo : 2-6 mm, S-P : 1-2 detik, durasi : 16-27 detik.

PVMBG tetap merekomendasikan masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help