20 Tahun Kelompok Perupa Galang Kangin Menapaki Dunia Kesenirupaan

20 tahun sudah kelompok perupa Galang Kangin menapaki dunia kesenirupaan.

20 Tahun Kelompok Perupa Galang Kangin Menapaki Dunia Kesenirupaan
Istimewa
Brosur acara diskusi Pustaka Bentara Becoming, 20 tahun Galang Kangin 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA- 20 tahun sudah kelompok perupa Galang Kangin menapaki dunia kesenirupaan.

Didirikan tahun 1996 kelompok ini, secara rutin telah menyelenggarakan berbagai pameran.

Anggotanya juga telah meraih berbagai penghargaan seni rupa serta melakukan pameran di dalam maupun luar negeri.

Untuk menandai 20 tahun kehadirannya, diterbitkanlah sebuah buku Becoming dan akan diperbincangkan hari ini dalam acara Pustaka Bentara, Minggu (8/4/2018) di Bentara Budaya Bali (BBB) Jalan By Pass IB. Mantra, Ketewel, Gianyar, Bali.

Buku ini memuat rangkuman berita terkait aktivitas komunitas ini selama kurun waktu selama 20 tahun berkarya, tulisan-tulisan kurator pameran, catatan-catatan narasumber terpilih perihal Galang Kangin, termasuk kaleodoskop kegiatan.

Acara ini pula ditautkan dengan pameran karya terkini mereka yang diselenggarakan di Museum Neka, 25 Februari hingga 24 Maret 2018 kemarin.

Dalam kesempatan ini hadir Hardiman, dosen Jurusan Pendidikan Seni Rupa Undiksha yang juga merupakan editor buku ini serta beberapa kali telah menjadi kurator pameran Galang Kangin.

Tampil pula para seniman seperti Made Supena, Galung Wiratmaja, I Wayan Setem, dan lain-lain yang akan berbagi pengalaman krearif mereka selama di kelompok Galang Kangin ini.

Selain itu, dalam diskusi ini akan ditimbang juga keberadaan Galang Kangin dibandingkan komunitas-komunitas serupa di Bali maupun di Indonesia, berikut problematika dalam merawat eksistensi komunitas dan capaian individu sebagai seniman dengan karya yang mempribadi. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved