Sesuai Permintaan Ida Pedanda Sidanta Semasa Hidup, Palebon Dilangsungkan di Tegalan Griya  

Upacara palebon Ida Pedanda Oka Sidanta (60) dari Griya Gede Megati Taman Sari di Banjar Tibu Sambi, Desa Yehembang Kangin

Sesuai Permintaan Ida Pedanda Sidanta Semasa Hidup, Palebon Dilangsungkan di Tegalan Griya   
Istimewa
Ida Pedanda Oka Sidanta main gender semasa hidupnya. Ida Pedanda di-palebon di tegalan Griya Gede Megati Taman Sari, Banjar Timbu Sambi, Desa Yehembeng Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Jumat (27/4). 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Upacara palebon Ida Pedanda Oka Sidanta (60) dari Griya Gede Megati Taman Sari di Banjar Tibu Sambi, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, direncanakan akan berlangsung pada Sukra Paing Gumbreg atau Jumat (27/4) mendatang.

Sesuai permintaan Ida Pedanda semasa hidupnya, palebon ini akan dilangsungkan di tegal pribadi milik griya setempat.

Ida Pedanda Sidanta lebar (meninggal dunia) tertimpa pohon Pule, Sabtu (7/4) lalu, saat muput (memimpin) upacara Nuhur Taru Tapakan Barong atau meminta bagian batang pohon Pule untuk membuat tapel (topeng) Barong Sasuhunan Ida Bhatara di Pura Puseh.

Musibah ini terjadi di sebuah kebun milik Bendesa Adat Munduk Anggrek Kaja, I Made Subagia, di Banjar Kedisan, Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo.

Menurut putri kedua Ida Pedanda, Ida Ayu Kade Murdani (38), Minggu (8/4), rangkaian palebon Ida Pedanda ini akan berlangsung di tegalan pribadi milik griya sesuai dengan pesan semasa hidup beliau.

Selain itu, setelah sempat meminta petunjuk dari sang Nabe Ida Pedanda dari Griya Gede Susut, Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, atau tempat Ida Pedanda madiksa, disepakati upacara palebon akan dilangsungkan pada Sukra Paing Gumbreg atau Jumat (27/4) mendatang.

Untuk prosesi mersihin atau nyiramang Ida Pedanda akan dilangsungkan pada Redita Duka Tolu atau Minggu (15/4).

Usai nyiramang dan palebon, akan dilanjutkan dengan prosesi mukur atau ngelanus pada Soma Suka Wariga atau Senin (30/4).

Untuk acara palebon nantinya dipastikan akan dipuput oleh sang Nabe yakni Ida Pedanda dari Griya Gede Susut.

Sedangkan untuk prosesi lainnya yakni nyiramang dan mukur akan dipuput oleh sejumlah Ida Pedanda di Kabupaten Jembrana.

Halaman
123
Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help