Hendak Masuk ke Bali, Ratusan Ribu 'Cobra X' Dijegal di Gilimanuk

Pelabuhan Gilimanuk masih menjadi jalur favorit untuk menyelundupkan barang-barang ilegal

Hendak Masuk ke Bali, Ratusan Ribu 'Cobra X' Dijegal di Gilimanuk
Tribun Bali/I Gede Jaka Santhosa
Pelabuhan Gilimanuk 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA- Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk sebagai pintu masuk Bali di bagian Barat tampak masih menjadi jalur favorit untuk menyelundupkan barang-barang ilegal.

Selasa (10/4/2018), ratusan ribu butir jamu obat kuat merk Cobra X diamankan jajaran Polsek Gilimanuk lantaran peredarannya yang sudah ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Selain jamu obat kuat, petugas juga mengamankan belasan ribu telur ayam yang hendak masuk ke Bali tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Ratusan ribu butir Cobra X ini diamankan petugas di Pos 2 Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk atau pintu masuk Bali sekitar pukul 07.30 WITA.

Ratusan ribu butir jamu obat kuat yang dimuat dan dikemas dalam 16 dus besar ini diangkut dengan mobil box nopol D 8457 EN yang dikemudikan oleh Fajar Wira Negara (31), seorang warga dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Lantaran tak dilengkapi dengan label edar dari BPOM, petugas langsung mengamankan ratusan ribu Cobra X yang hendak dikirim ke Denpasar tersebut.

Berselang 30 menit kemudian, petugas kembali mendapati komoditi pertanian ilegal di pintu masuk Bali.

Sebanyak 15.000 butir telur bebek diamankan petugas lantaran saat pengiirmannya tidak dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan (SKK) dari Balai Karantina terkait di pelabuhan asal.

Telur-telur ini diangkut dengan mobil pick up nopol DK 8242 I yang dikemudikan oleh Asmui (42), seorang warga dari Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kapolsek Gilimanuk, Kompol I Nyoman Subawa mengatakan selain mengamankan ratusan ribu butir jamu obat kuat Cobra X, pihaknya juga mendapati seekor kucing jenis Persia dalam pengiriman tersebut.

Halaman
12
Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help