Simpang Ring Banjar

Wujudkan Desa Pikat yang Memikat, Genjot Potensi Wisata Alam Berdayakan Skill Masyarakat Lokal

Desa Pikat yang terletak di Kecamatan Dawan, Klungkung kini mulai merancang desanya menjadi desa wisata

Wujudkan Desa Pikat yang Memikat, Genjot Potensi Wisata Alam Berdayakan Skill Masyarakat Lokal
Istimewa

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Desa Pikat yang terletak di Kecamatan Dawan, Klungkung kini mulai merancang desanya menjadi desa wisata.

Semua potensi yang ada akan diberdayakan dengan maksimal, mulai dari areal persawahan hingga perbukitan.

Kepala Desa Pikat, I Wayan Navy Sudarsana saat ditemui Tribun Bali, Minggu (8/4/2018), menyatakan ingin memanfaatkan view desa untuk objek pariwisata.

Sementara itu, sejumlah masyarakat di Desa Pikat juga sudah menelusuri bukit-bukit yang ada di Desa Pikat untuk dimanfaatkan sebagai jalur pendakian.

"Ini baru rencana. Tapi pengecekan lokasi di Bukit Pikat sudah sering dilakukan untuk jalur pendakian. Selain itu kami juga akan gunakan objek sawah dan rutinitas penduduk, "jelasnya.

Rencana pendakian bukit akan menempuh jarak 2 km perjalanan.

Di tengah perjalanan, dibentuk tempat berfoto untuk para pengunjung.

"Ini baru rencana kami. Ya, semoga ini akan terwujud. Nanti kami akan survei lokasi secara perlahan. Dengan komitmen kami untuk menjadikan Desa Pikat yang selalu memikat," tandasnya.

Pada areal persawahan, rencananya akan dibuatkan jalur bersepeda sehingga nantinya pengunjung bisa langsung melihat aktivitas masyarakat desa yang sebagian besar bekerja sebagai petani.

"Mereka bisa tracking di areal persawahan sambil melihat aktivitas penduduk yang masih mempertahankan budaya Bali. Di zaman yang sudah canggih ini, Desa Pikat masih mempertahankan budaya Bali, dan beberapa masyarakat masih mempertahankan usaha menengah seperti pembuatan gula merah, tali ijuk, sanggah dan jajanan Bali,” tuturnya.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help