Jelang Pileg 2019, Hanura Buka Kuota 20 persen bagi Non-Kader

Hanura telah membentuk tim seleksi pencalonan di setiap DPC, yang bertugas melakukan pendekatan politik ke masyarakat di setiap kabupaten

Jelang Pileg 2019, Hanura Buka Kuota 20 persen bagi Non-Kader
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Kadek Cita Ardana Yudi (dua dari kanan) saat ditemui di Sekretariat DPC Hanura Bangli, Kamis (12/4/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI– Menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Partai Hanura membuka peluang bagi sejumlah kader untuk maju lewat partai besutan Wiranto itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh anggota Tim Seleksi Pencalonan sekaligus Wakil Ketua DPD Hanura Bali, Kadek Cita Ardana Yudi, Kamis (12/4/2018).

Partai Hanura telah membentuk tim seleksi pencalonan di setiap DPC, yang bertugas melakukan pendekatan politik ke masyarakat di masing-masing kabupaten.

Dan sebagai partai terbuka, Hanura memberi kesempatan kepada siapapun, untuk bergabung dan mencalonkan diri dalam Pileg mendatang, dengan kuota 20 persen bagi caleg non-kader.

Proses rekrutmen caleg Hanura non kader akan dibuka hingga tanggal 7 Mei 2018 mendatang.

Ia menjelaskan, syarat bagi non kader yang hendak mencalonkan diri lewat Hanura, diwajibkan menyetor dukungan minimal 300 fotokopi KTP bagi yang akan mencalonkan diri ke DPRD Kabupaten.

Untuk DPRD Provinsi, melampirkan dukungan 500 fotokopi KTP, dan Caleg DPR-RI melampirkan dukungan 1000 fotokopi KTP.

Meski dibuka ruang bagi non kader, Kadek Cita meyakini tidak akan menimbulkan kecemburan antar sesama kader.

Sebab, proses rekrutmen dilakukan secara objektif dan transparan.

“Hingga kini sudah ada satu orang non kader yang bergabung dengan kami, yakni Ida Bagus Made Santosa yang sebelumnya merupakan pengurus PNI (Partai Nasional Indonesia). Dengan modal perolehan suara sebanyak 14 ribu di pileg 2014 lalu, kini dia mendeklarasikan diri kembali untuk berebut kursi DPRD Bali,” ujar Kadek Cita.

Berbeda dengan Pileg sebelumnya, kali ini di kabupaten Bangli memiliki daerah pemilihan (Dapil) baru yakni Dapil Tembuku.

Pada Pileg 2019 mendatang partai Hanura menargetkan satu kursi di masing-masing Dapil.

“Sebelumnya kami hanya mampu mendapat dua kursi. Yakni dari Dapil Kintamani Barat, dan Dapil Kintamani Timur,” tandasnya.(*)

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved