TribunBali/

Terpergok Bawa Ratusan Tablet Psikotropika di Bandara Ngurah Rai, WN Inggris Diadili

Adam Scott Holland (48) tak menyangka dirinya akan berhadap dengan hukum Indonesia.

Terpergok Bawa Ratusan Tablet Psikotropika di Bandara Ngurah Rai, WN Inggris Diadili
Tribun Bali/Putu Candra
Adam Scott Holland menjalani sidang perdana, Senin (16/4) di PN Denpasar. WN Inggris ini didakwa pasal tentang psikotropika, karena membawa 500an tablet diduga mengandung Diazepam. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Adam Scott Holland (48) tak menyangka dirinya akan berhadapan dengan hukum Indonesia.

Warga Negara Inggris ini didudukan di kursi pesakitan karena diduga membawa ratusan tablet yang diduga mengandung psikotropika.

Terhadap perbuatannya, Scott didakwa dua pasal tentang psikotropika.

Menanggapi dakwaan jaksa penuntut, terdakwa yang didampingi penasihat hukumnya, yakni Suroso tidak mengajukan keberatan atau esepsi.

Oleh karena itu, majelis hakim pun menunda sidang, dan kembali dilanjutkan dua pekan mendatang dengan agenda pembuktian pemeriksaan keterangan para saksi.

"Terdakwa sudah mengerti dengan dakwaan jaksa penuntut, dan tidak ada keberatan," ujar Wayan Ana selaku penerjemah yang mendampingi terdakwa, Senin (16/4) di Pengadilan Negeri Denpasar.

Sementara itu, dalam surat dakwaan jaksa I Dewa Gede Ngurah Sastradi yang dibacakan Jaksa IB Argita Candra mengurai dakwaan pertama dan kedua.

Dakwaan pertama disebutkan, bahwa terdakwa Adam Scott Holland tanpa hak atau melawan hukum mengimpor, mengekspor, selain yang ditentukan dalam Pasal 16 atau mengekspor, mengimpor psikotropika tanpa surat persetujuan ekspor atau surat persetujuan impor sebagaimana dalam Pasal 17, psikotropika golongan IV berupa, satu botol plastik berisi 655 tablet obat warna kuning bertuliskan Centaur, dilabel tertera merek Solina Diazepam tablet BP 5 Mg.

"Perbuatan terdakwa diatur dan diancam sebagaimana dalam Pasal 61 ayat (1) Undang-Undang RI No.5 tahun 1997 tentang psikotropika," paparnya di hadapan majelis hakim pimpinan I Ketut Tirta.

Dakwaan kedua, bahwa terdakwa Adam Scott Holland tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, dan/atau membawa psikotropika golongan IV berupa, satu botol plastik berisi 655 tablet obat warna kuning bertuliskan Centaur, dilabel tertera merek Solina Diazepam tablet BP 5 Mg.

Halaman
12
Penulis: Putu Candra
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help