Kartu Sempat Hilang, Gung Gek Shinta Dioperasi Tanpa Biaya dengan Program JKN-KIS

Pria yang kesehariannya beternak ayam jago ini tidak menyangka dirinya akan tertimpa musibah ketika ia mandi bersama anak-anaknya di sungai

Kartu Sempat Hilang, Gung Gek Shinta Dioperasi Tanpa Biaya dengan Program JKN-KIS
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
AA Ngurah dan keluarganya menunjukan kartu JKN-KIS di kediamannya beberapa waktu lalu 


TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - A.A. Gede Ngurah Santika beserta sekeluarganya adalah salah satu peserta JKN-KIS yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung.

Ia dengan istrinya dan 2 orang anaknya didaftarkan begitu Kabupaten Klungkung resmi menyandang predikat Kabupaten Universal Health Coverage (UHC) pada Februari 2018.

Pria yang kesehariannya beternak ayam jago ini tidak menyangka dirinya akan tertimpa musibah ketika ia mandi bersama anak-anaknya di sungai dekat rumahnya di Dusun Peninjoan, Paksebali Klungkung.

Anak pertamanya yang bernama Gung Gek Shinta terjatuh dan menyebabkan tempurung kakinya retak dan mengalami beberapa luka lecet.

Sontak saja anak berusia 10 tahun yang sedang mengenyam pendidikan kelas 4 di Sekolah Dasar di Klungkung ini menangis kesakitan hingga membuat ayahnya panik.

Dengan perasaan panik A.A. Ngurah langsung membawa anaknya ke Puskesmas terdekat dengan maskud segera mendapat pelayanan medis, namun karena lukanya tidak dapat ditangani di Puskesmas akhirnya ia dirujuk di RSUD Klungkung.

Sebelumnya petugas Puskesmas sempat menanyakan apakah dirinya memiliki kartu JKN-KIS, seketika ia teringat sempat mendapatkan kartu dari desa namun tidak ingat sama sekali apakah itu kartu JKN-KIS atau tidak, ternyata ketika dicek benar saja itu merupakan kartu JKN-KIS.

“Saya didaftarkan JKN-kIS  oleh Kepala Desa lewat program UHC Klungkung, tapi karena tidak pernah dipakai jadi kartunya saya taruh sembarangan, awalnya saya sangat acuh tetapi begitu saya membuktikan manfaatnya saya malah merasa terharu dan bahagia” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help