Munas AKKII IX Dorong Konservasi Karang Hias yang Bermanfaat & Lestari

Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-IX di Kuta, Bali.

Munas AKKII IX Dorong Konservasi Karang Hias yang Bermanfaat & Lestari
Istimewa
Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-IX di Kuta, Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-IX di Kuta, Bali.

Ada beberapa hal yang dihasilkan dari forum tertinggi di lembaga AKKII tersebut. Salah satunya adalah AKKII mendorong pelastarian karang hias yang bermanfaat & berkelanjutan.

Ketua Panitia Munas AKKII IX, Dirga Adhi Putra Singkarru menjelaskan, pertemuan kali ini dihadiri oleh anggota organisasi yang tersebar di seluruh Indonesia

Ada beberapa poin yang dihasilkan dari Munas AKKII IX yang diselenggarakan selama dua hari itu.

Pokok yang paling penting adalah adalah organisasinya mendorong pelastarian koral, kerang & ikan hias yang bermanfaat & berkelanjutan.

"Munas kali ini mempunyai semangat baru untuk menunjukan kepada publik bahwa AKKII selalu menanamkan dan melakukan kaedah-kaedah konservasi terhadap pemanfaatan karang hias yang lestari," kata Dirga, Senin 16 April 2018.

Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab AKKII terhadap kelangsungan dan kelestarian karang hias dan alam bawah laut Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menunjukkan komitmen kerja melakukan transplantasi atau budidaya untuk kelangsungan hidup jenis karang hias.

Menariknya, kata dia, budidaya itu melibatkan peran serta masyarakat. 

“Indonesia mendapat predikat Grade A karena memiliki managemen CITES yang baik dan mengikuti persyaratan CITES di antaranya sustainability, traceability, legality. Untuk scientific authority adalah LIPI dan management authority adalah KLHK," tutur Prof. Dr. Suharsono

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help