Berita Banyuwangi

Ribuan Pelajar Banyuwangi Membaca Al Quran dalam Festival Tahfidz

Bagi Anas festival ini sangat menginspirasi pemerintah untuk membudayakan generasi Banyuwangi cinta Al Qur’an.

Ribuan Pelajar Banyuwangi Membaca Al Quran dalam Festival Tahfidz
Surya
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, bersama para siswa MI dalam Festival Tahfiz. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Ribuan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) se- Banyuwangi melantunkan ayat-ayat suci Al Quran, dalam Festival Tahfidz 2018, di Taman Blambangan,  Banyuwangi, Sabtu (28/4).

Festival dibacakan Al Quran Juz 30 oleh 1.400 hafidz-hafidzoh cilik, dari 247 MI se- Banyuwangi.

Festival yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag), bersama Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Banyuwangi ini, dibuka Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Menurut Anas festival ini mendorong generasi muda cinta Al-Quran. 

“Pagi ini saya sangat bangga melihat ribuan anak-anak sudah menjadi hafidz dan hafidzoh. Dengan difestivalkan semacam ini, akan menambah kepercayaan tinggi pada anak-anak untuk lebih cinta Al Quran,” kata Anas.

Bagi Anas festival ini sangat menginspirasi pemerintah untuk membudayakan generasi Banyuwangi cinta Al Qur’an. 

“Ke depan gelaran ini bisa disinergikan dengan agenda besar Banyuwangi Festival, agar anak-anak semakin percaya diri dan bersemangat dalam mencintai Al-Qur’an,” ujarnya.

Anas juga menceritakan pengalaman waktu bersekolah di MI. 

“Dulu saya pernah belajar di MI. Ada banyak pengalaman yang saya dapatkan, pengalaman ilmu agama dan umum. Madrasah ini memiliki kekuatan yang hebat, untuk mengantarkan siswanya mencapai cita-cita.  Karena itu, kalian punya kesempatan yang sama. Silahkan ambil peran kalian masing-masing di sekolah,” kata Anas.   

Festival ini diawali dengan salat duha bersama di lapangan. Selanjutnya secara berjamaah mereka melantunkan ayat-ayat suci Al Quran, dengan dipimpin 100 hafidz-hafidzoh terpilih.

Sekitar tiga jam, para penghafal Al Quran ini mengumandangkan ayat-ayat dari juz 30. Bilqis Sains Acna Sada, siswi MI 3 Banyuwangi, merasa senang telah berhasil menghafal 37 surat di juz terakhir. 

“Mudah-mudahan saya bisa menambah hafalan Al Quran,” kata Bilqis.      

Ketua KKMI Kabupaten Banyuwangi, Abdul Hafidz menambahkan, sebelum festival ini didahului khataman Qur’an yang dilakukan siswa dan guru di sekolah-sekolah MI se-Banyuwangi. 

“Sebagai puncak dari khataman tersebut, kami gelar Festival Tahfidz dengan membaca juz 30,” kata Hafidz.(haorrahman)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help