Berita Banyuwangi

Begini Uniknya Kampung Expresi, Amphitheatre Alam dan Pasar Kuno di Tengah Hutan Jati

Karya kreatif anak-anak muda di Dusun Curahpacul, Desa Tambakrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Begini Uniknya Kampung Expresi, Amphitheatre Alam dan Pasar Kuno di Tengah Hutan Jati
Istimewa/Surya
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat melaunching Kampung Expresi, Minggu (29/4). 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Karya kreatif anak-anak muda di Dusun Curahpacul, Desa Tambakrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Mereka jadikan hutan jati sebagai ajang berekspresi menjadi Kampung Expresi.

Di Kampung Expresi, terdapat amphitheatre alam yang terbuat dari bambu. Sederhana tapi memiliki makna. Di amphitheatre ini menjadi tempat anak-anak muda di Dusun Curahpacul untuk mengapresi diri. Amphitheatre ini menjadi tempat mereka berlatih seni, baik tari, musik, teater, dan seni tradisi lainnya.

Tempat itu menjadi panggung warga desa untuk mencintai seni. Di sekitar amphitheatre, terdapat pasar kuno yang menjajakan sajian khas tradisional Banyuwangi, utamanya Muncar.

Seperti rujak kelang, rujak yang berisi aneka buah, yang dicampur dengan kuah pindang ikan hangat yang ditambah petis ikan. Ada juga rujak colet, buah-buahan yang dimakan dengan mencolekkan pada bumbu petis.

Selain itu juga jajanan tradisional lainnya, seperti cenil, lupis, beras kencur, dan jajanan pasar lainnya.

Lapak-lapak penjual terbuat dari gubuk-gubuk bambu beratap jerami. Pengunjung bisa menikmatinya di meja-meja di bawah pohon jati. Untuk transaksi jual belinya, menggunakan koin khusus yang bisa ditukarkan di tempat.

"Ini menarik. Saya mengapresiasi kreasi warga desa di sini. Ini murni kreasi dan swadaya warga desa," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat meresmikan Kampung Expresi, Minggu (29/4).

Dengan adanya Kampung Expresi ini, menurut Anas, tidak hanya menonjolkan sisi wisatanya saja, namun ada proses edukasi pada anak-anak untuk mencintai seni budaya.

Selain itu, perekonomian warga juga ikut terangkat, karena bisa menjual jajanan dan makanan khas Muncar.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help