TERKINI: Petugas Temukan 4 Kasus HIV/AIDS di Jembrana

Penyebaran HIV-AIDS di Kabupaten Jembrana kembali menemui kasus pada akhir pekan kemarin

TERKINI: Petugas Temukan 4 Kasus HIV/AIDS di Jembrana
Tribun Manado
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA- Penyebaran HIV-AIDS di Kabupaten Jembrana kembali menemui kasus pada akhir pekan kemarin.

Terbukti, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Jembrana yang melangsungkan penyisiran di sejumlah lokasi kafe remang-remang menemukan adanya 3 kasus HIV-AIDS dan 3 kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) atau Spilis.

Begitu pula ketika menyasar Rumah Tahanan (Rutan) Klas II, satu kasus HIV-AIDS baru ditemukan yang merupakan warga binaan dari luar Jembrana.

"Kami langsungkan mobile Voluntary Conceling Test (VCT) di tiga lokasi pekan lalu, hasilnya memang kami temui ada 4 kasus HIV-AIDS. Sedangkan sisanya 3 orang terdeteksi Spilis," ungkap Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Jembrana, dr. I Putu Suasta ketika dikonfirmasi Senin (1/5/2018).

Lokasi yang pertama disasar pihaknya yakni para pekerja kafe remang-remang di kawasan Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo.

Bekerjasama dengan Puskesmas yang mewilayahi dan pengusaha kafe, hasil mobile VCT di lokasi tersebut menunjukkan 1 orang pekerja kafe yang reaktif HIV dan 2 orang sisanya Spilis.

Sedangkan hasil mobile VCT ketika menyasar 20 orang pekerja kafe remang-remang di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya menunjukkan 2 orang reaktif HIV dan 2 orang lainnya mengidap Spilis.

Selain menyasar dua lokasi kafe remang-remang, pihaknya juga melangsungkan mobile VCT di Rutan Klas II yang berlokasi di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

Dari pemeriksaan terhadap 40 sampel warga binaan, hasil tes menunjukkan 1 warga binaan reaktif HIV.

Temuan 4 kasus HIV-AIDS di tiga lokasi ini merupakan kasus anyar yang belum terdata pada database pihaknya.

Halaman
12
Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved