Dibawa Naik Bus Malam, 18 Ekor Ayam Cemani Ini Tertahan di Pelabuhan Gilimanuk

Polsek Gilimanuk berhasil menggagalkan penyelundupan 18 ekor Ayam Cemani yang hendak masuk ke Bali

Dibawa Naik Bus Malam, 18 Ekor Ayam Cemani Ini Tertahan di Pelabuhan Gilimanuk
Tribun Bali / I Gede Jaka Santhosa
Kapolsek Gilimanuk, Kompol I Nyoman Subawa didampingi Kanit Reskrim Polsek Gilimanuk, AKP I Komang Muliyadi tengah menunjukkan 18 ekor anak ayam Cemani 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Polsek Gilimanuk berhasil menggagalkan penyelundupan 18 ekor Ayam Cemani yang hendak masuk ke Bali melalui Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, Rabu (2/5/2018).

Berdasarkan informasi di Mapolsek Gilimanuk Rabu siang ini, 18 ekor anak ayam Cemani ini diamankan di Pos 2 Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk sekitar pukul 08.00 WITA.

Saat itu, 18 ekor anak ayam Cemani ini diangkut dengan Bus Safari Darma Raya nopol AA 1551 BY yang dikemudikan oleh Murtadho (53), seorang warga dari Kabupaten Temanggung, Jawa Timur.

Kapolsek Gilimanuk, Kompol I Nyoman Subawa didampingi Kanit Reskrim Polsek Gilimanuk, AKP I Komang Muliyadi mengatakan ayam-ayam Cemani ini diamankan lantaran saat pengirimannya tidak dilengkapi dengan SKK dari Balai Karantina Pertanian di pelabuhan asal.

Menurutnya, pengiriman ini melanggar ketentuan U.U R.I Nomor 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan.

"Menurut keterangan sopir, ayam-ayam ini dititip oleh seseorang di Probolinggo untuk kemudian dikirim ke Denpasar. Kami akan koordinasikan temuan ini dengan Balai Karantina Pertanian di Gilimanuk untuk proses lebih lanjut," tandas Subawa siang ini. (*)

Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved