Penilaian Peserta MTQ XXVII Tingkat Provinsi Bali 2018 Disesuaikan Kategori Lomba

Penilaian Peserta Lomba MTQ XXVII Tingkat Provinsi Bali 2018 yang berlomba disesuaikan dengan cabang lombanya

Penilaian Peserta MTQ XXVII Tingkat Provinsi Bali 2018 Disesuaikan Kategori Lomba
Tribun Bali/Ahmad Firizqi Irwan

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Penilaian Peserta MTQ ke-27 Tingkat Provinsi Bali yang berlomba disesuaikan dengan cabang lombanya.

Untuk cabang lomba Tilawah dinilai dari lagu, suara, fasoha, sedangkan Tilawah Tahfidz dinilai dari hafalan Qur'annya dimana hafalan itu diteruskan oleh jurinya, lalu dilanjutkan oleh peserta lomba, seperti juri membacakan salah satu surat Al-Qur'an kemudian dilanjutkan oleh peserta tersebut.

Lomba Khod atau Kaligrafi dinilai dari keindahan, tulisan, kebenaran tulisan dalam surat yang ada di Al Qur'an.

Musabaqah Fahmil Qur'an atau cerdas cermat yang membahas isi kandungan Al-Qur'an dinilai dari soal yang sudah ditentukan oleh dewan juri, sedangkan Musabaqah Syarhil Qur'an atau pemahaman Al-Qur'an peserta mengambil tema yang diangkat dari ayat-ayat yang terkait dengan masalah kerukunan umat, dipaparkan semacam presentasi bersinambungan dengan ayat tersebut.

Selanjutnya, lomba Musabaqah Maqalah Qur'an hampir sama seperti Musabaqah Syarhil Qur'an, namun yang dinilai dari judul yang sudah ditentukan oleh juri dan tidak boleh mengambil dari website, tapi boleh mengambil referensi dari buku.

Untuk penilaian festival seni budaya Islam yang terdiri dari lomba bintang vokalis dan qasidah dinilai dari vokal, penguasaan panggung, ekpresi, dan lain-lain.

Untuk bidang lain secara tambahan, ada lomba Kafilah atau Kontingen MTQ yang dinilai dari kekompakkan dan jumlah peserta, disamping itu juga ada kreatifitas dari peserta di 9 Kabupaten se-Bali.

Bambang Sumatri selaku Sekertaris Umum Panitia Lomba MTQ XXVII Tingkat Provinsi Bali 2018 di Kabupaten Badung mengatakan, acara ini juga mengundang Ibu-ibu majelis taklim dan partisipan lainnya.

"Untuk memeriahkan acara ini juga mengundang Ibu-ibu majelis taklim, partisipan lain untuk memeriahkan acara," katanya.(*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help