I Wayan Dipta Mengimbau Pelaku Industri Kosmetik dan Spa Bali Agar Mampu Bersaing dengan Negara Lain

I Wayan Dipta mengimbau pelaku industri dan spa Bali harus mampu bersaing dengan negara lain

I Wayan Dipta Mengimbau Pelaku Industri Kosmetik dan Spa Bali Agar Mampu Bersaing dengan Negara Lain
Tribun Bali/Rino Gale
I Wayan Dipta imbau pelaku industri kosmetik dan spa Bali dalam rangka dialog interaktif tentang pengembangan kosmetik tematik berdaya saing.Bertempat di Hotel Kartika Plaza Kuta Bali, Minggu (13/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - I Wayan Dipta mengimbau pelaku industri dan spa Bali harus mampu bersaing dengan negara lain, karena industri kosmetik memegang kendali penggerak ekonomi.

Dalam rangka dialog interaktif tentang pengembangan kosmetik tematik berdaya saing serta penyerahan sertifikat CPOTB dan CPKB kepada UMKM yang bertempat di Hotel Kartika Plaza Kuta Bali, Minggu (13/5/2018).

I Wayan Dipta selaku Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan bagaimana cara mengungkap kosmetik tematik produk di Bali.

Wayan Dipta mengaku mempunyai program-program untuk memperdayakan UMKM dan meningkatkan produktivitas serta daya saing industri kosmetik Bali.

"Yakni melalui program pendampingan dan program standart kualitas produk," jelasnya.

Tahun 2018 ini Deputi Produksi dan Pemasaran mefasilitasi program pendampingan dan kualitas produk sebanyak 2.500 UMKM termasuk di bidang kosmetik dan spa.

Diantaranya menyangkut hak cipta kosmetik dan spa di Bali, jika masih belum mempunyai hak cipta produk, Wayan Dipta mengarahkan pelaku usaha untuk daftar secara online dan pengurusannya gratis.

Terkait merek, dikatakan Wayan Dipta, pihaknya sudah membuat situs yang bekerjasama dengan Kemenkumham, sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

"Kami juga mefasilitasi pemasaran produk baik di dalam maupun luar negeri. Untuk tahun ini sekitar 700 UMKM melakukan promosi dalam negeri, kalau ke luar negeri anggarannya untuk 30 UMKM saja. Sebelumnya, pihak Deputi Produksi dan Pemasaran sudah pernah memberangkatkan 50 UMKM," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help