Sisi Lain Vivi Lestari, Lulusan Magister Management Yang Punya Karya Puisi Cerdas dan Bernas

Jumat (18/05/2018) malam, Vivi hadir dalam Obituari dan menyentuh orang-orang yang datang dengan sosoknya yang penuh kontradiksi.

Sisi Lain Vivi Lestari, Lulusan Magister Management Yang Punya Karya Puisi Cerdas dan Bernas
Tribun Bali/Suryantini Putri
Foto bersama para penyair, pengisi acara, pembicara, moderator, koordinator Bentara Budaya Bali, dan keluarga Vivi Lestari Jumat (18/5/2018) 

TRIBUN-BALI.COM - Sebagai perempuan muda yang telah lama berkiprah di dunia kesastraan, Vivi Lestari, menjadi pengingat bahwa perempuan dalam keterdiamannya menyimpan berbagai polemik dan kerumitan pikir yang dianggap setia pada urusan domestik yang remeh-remeh.

Padahal sebenarnya, ia telah berpikir jauh bahkan melampaui pikiran laki-laki yang dianggap lebih mendominasi. Berpulang pada 8 April 2017, karya-karyanya kemudian diterbitkan dalam kumpulan puisi berjudul Ovulasi yang Gagal.

Jumat (18/05/2018) malam lalu, Vivi hadir dalam Obituari dan menyentuh orang-orang yang datang dengan sosoknya yang penuh kontradiksi.

Sebagai lulusan Ekonomi dan menamatkan studi Magister Manajemen serta menjadi dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, membuat orang tak menyangka ternyata ia punya karya-karya dalam bentuk puisi yang bernas dan cerdas. Sebentuk sisi lain yang tak banyak disangka orang.

Made Sujaya yang hadir sebagai pembicara malam itu menganggap puisi-puisi Vivi mirip dengan seniornya Oka Rusmini.

“Seperti Oka Rusmini, Vivi juga memiliki semangat perayaan tubuh yang kuat. Walau tidak sevulgar Oka Rusmini, diksi Vivi menunjukkan kesantunan menyelami lekuk tubuh perempuan. Larik-lariknya mengesankan seorang penyair feminis yang mendobrak tabu,” tulisnya pada pengantar.

Tak hanya puisi, Vivi juga aktif menulis karya lain, seperti prosa liris dan esai.

Buku Ovulasi yang Gagal adalah karya yang berhasil diterbitkan setelah Vivi berpulang. Susah-susah gampang untuk membuatkannya menjadi buku karena Vivi tak menyatukan karyanya dalam sebendel tumpukan.

Sehingga perlu dilakukan pencarian serius dalam perpustakaan rumahnya. Akan tetapi, Vivi aktif mengkliping karya-karyanya yang berhasil dimuat dalam surat kabar pada saat ia sedang gemar-gemarnya menulis dan mengirim karya sehingga beberapa karya mudah ditemukan.

Salah satu puisinya yang dianggap fenomenal adalah puisi bertajuk gambar Salib.

Halaman
123
Penulis: Ida Ayu Suryantini Putri
Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help